Diduga Hendak Gabung ISIS, Dua WN Jepang Bakal Diadili

Ilustrasi ISIS: Istimewa

Bosscha.id– Dua orang warga Jepang terancam didakwa karena mencoba bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Kasus seperti ini merupakan yang pertama kali disidangkan di Jepang. 

Hal tersebut dilaporkan oleh pihak kepolisian Jepang pada Rabu (3/7/2019).

“Kepolisian Tokyo merujuk pada dua orang kepada jaksa penuntut karena berencana untuk pergi ke Suriah sebagai kelompok pejuang anti pemerintah,” ujar seorang juru bicara kepolisian, seperti dilansir CNN Indonésia dari AFP.

Kepolisian juga melaporkan kepada jaksa penuntut bahwa ada tiga warga Jepang lainnya yang berencana menjadi anggota ISIS. Namun, hingga kini polisi belum memberikan informasi lebih lanjut.

Di antara lima tersangka terselip seorang jurnalis veteran bernama Kosuke Tsuneoka dan seorang sarjana hukum Islam, Ko Nakata. Nakata dilaporkan diminta pendapat oleh sang murid tentang perjalanan ke Suriah.

Meski begitu, Tsuneoka mengaku bahwa, “tidak ada yang memiliki keinginan untuk bergabung dengan ISIS.”

“Tidak ada tindakan yang berarti terkait persiapan ataupun perencanaan melakukan perang pribadi,” kata Tsuneoka.

Baca Juga:   Kota Madrid kembali Lockdown Tekan Lonjakan Kasus Covid-19

Sementara, satu orang tersangka lainnya diketahui berusia 31 tahun dan merupakan alumnus dari Perguruan Tinggi Hokkaido. Dia telah berencana pergi ke Suriah pada 2014 lalu.

Menurut pengakuan tersangka, ia hendak bergabung dengan ISIS sebagai pejuang. Kantor Berita Kyodo melaporkan bekas mahasiswa itu mengetahui informasi lowongan pekerjaan di Suriah melalui sebuah poster yang dipasang di toko buku di Tokyo.

Ia kemudian diperkenalkan kepada Nakata dan memutuskan untuk menjadi mualaf dan mulai mempelajari bahasa Arab.

Source: CNN Indonesia

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password