10 Khasiat Jambu Kristal

10 Khasiat Jambu Kristal 19
Bosscha.id - 10 Manfaat Jambu Kristal, Sumber Foto medium.com

Bosscha.id-Ada yang pernah mengkonsumsi buah jambu kristal?. Jambu Kristal ini sering digunakan untuk jus buah jambu namun tak jarang ada juga yang mengkonsumsinya dengan membuat sup buah jambu dengan campuran beberapa macam buah lainnya. Selain enak jambu kristal juga memiliki banyak kandungan manfaat.

Jambu kristal mempunyai bentuk bulat atau agak lonjong dengan dasar bergelombang, ada juga yang rata tergantung varietasnya. Warna kulitnya hijau muda terang berlapiskan lilin di kulitnya. Daging buahnya berwarna putih bersih dan jernih, sangat tebal, renyah dan menjadi sedikit lunak sejalan dengan kematangan buah. Bobot buah rata rata 300 g bahkan ada yang mencapai 800 g.

Selain memiliki daging buah yang renyah dan rasa yang menyegarkan, ternyata buah jambu biji kristal taiwan ini juga memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Adapaun kandungan yang terdapat pada buah jambu biji ini antara lain : kandungan protein, vitamin C, vitamin E, karbohidrat, serat, omega 3 dan 6,zat postassium, mineral, zat besi dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah manfaat jambu Kristal yang perlu Anda ketahui, apa saja kah itu:

10 Khasiat Jambu Kristal 20

1. Baik Untuk Penderita Diare

Manfaat jambu kristal memiliki serat yang tinggi, dan juga jambu Kristal mengandung senyawa yang bernama astringents. Senyawa astringents ini ternyata merupakan salah satu pelaku yang dapat membunuh bakteri yang menjadi penyabab kemunculan penyakit diare.

2. Memperlancar Buang Air Besar

Jambu Kristal memilkki kandungan serat yang tinggi. Dengan tingginya serat yang dimiliki oleh jambu Kristal ini, maka pastinya sembelit dan sulit buang air besar yang anda alami dalam tuntas, karena salah satu faktor yang menyebabkan gangguan sembelit ini adalah kurangnya serat di dalam tubuh.

3. Mengobati Batuk Dan Flu

Manfaat jambu kristal bagi kesehatan sangat baik untuk mengurangi lendir di tenggorokan. Selain itu, jambu kristal sendiri juga dapat menjadi menghambat aktivitas kuman dan mikroba yang menyebabkan batuk flu yang anda alami.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah jambu Kristal merupakan salah satu jenis buah yang juga memiliki banyak kandungan vitamin E. Tentu saja vitamin E ini manfaatnya sangat baik, terutama bagi kesehatan kulit. Vitamin E dapat membantu :

  • Mencegah kulit kering dan bersisik
  • Mengangkat sel kulit mati
  • Mencerahkan wajah
  • Menutrisi kulit dari dalam
  • Menjaga kelembaban kulit

5. Baik Untuk Kesehatan Tulang

Ternyata buah-buahan juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tulang. Salah satunya adalah buah jambu kristal ini, karena memiliki kandungan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang.

Baca Juga:   Sejarah 16 Oktober: The Walt Disney Company Berdiri

6. Mengobati Sariawan

Vitamin C yang ada pada buah jambu kristal pastinya akan sangat efektif untuk mencegah dan juga mengobati sariawan yang anda alami.

7. Baik Untuk Kesehatan Mata

Manfaat jambu kristal memiliki kandungan vitamin A yang juga cukup tinggi. Vitamin A, selain dapat menjaga daya tahan tubuh, juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Ini akan membantu anda dalam mencegah dan juga mengobati berbagai macam gangguan mata, seperti :

  • Rabun jauh
  • Rabun dekat
  • Silindris
  • Rabun ayam

8. Sebagai Zat Anti Oksidan

Jambu Kristal juga memiliki manfaat yang sangat baik sebagai salah satu zat antioksidan. Antioksidan yang terdapat pada jambu Kristal ini sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang menjadi biang keladi dari berbagai macam penyakit, seperti kanker dan penyakit kronis lainnya. Selain itu, radikal bebas juga berperan dalam tejadinya proses penuaan dini, terutama yang terjadi pada area kulit.

9. Mencegah Infeksi Dan Virus

Berbagai macam kandungan vitamin dan mineral yang ada pada buah jambu kristal ini memiliki sifat yang sangat penting sebagai anti bakteri, anti infeksi dan juga anti peradangan. Itu artinya, buah jambu Kristal baik untuk mencegah berbagai macam gangguan kesehatan yang berhubungan dengan infeksi, peradangan dan juga virus di dalam tubuh.

10. Mencegah Penyakit Anemia

Manfaat dari jambu Kristal atau jambu ini yang sangat baik untuk bisa mencegah penyakit anemia karena zat besi yag ada di dalam jambu Kristal ini seperti mencegah gejala munculnya penyakit seperti:

a. Mudah lelah

b. Sering tidak focus di dalam bekerja dan beraktifitas

c. Lesu dan letih

Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh dalam kehidupan anda dengan mengkonsumsi buah-buahan sehat setiap harinya. Pola hidup yang sehat akan jauh lebih menguntungkan anda di masa yang akan datang.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password