Sejarah Hari Ini: Wafatnya Jack Kilby Sang Penemu Mikrochip Pertama di Dunia

Sejarah Hari Ini: Wafatnya Jack Kilby Sang Penemu Mikrochip Pertama di Dunia 19

Bosscha.id-20 Juni 2005, Jack St. Clair Kilby seorang penemu Mikrochip pertama, meninggal karena kanker di usia 81 tahun. Sampai sekarang banyak yang tidak tahu kalau tanpa penemuan Jack Kilby maka teknologi mikrochip tidak akan seperti sekarang.

Jack St. Clair Kilby dikenal sebagai Penemu Mikrochip pertama. Jack St. Clair Kilby lahir pada tahun 1924, dan tumbuh di Great Band, Kansas, Amerika Serikat. Kilby memperoleh gelar BS pada teknik elektro dari University of Illinois dan gelar MS dari University of Wisconsin pada bidang yang sama.

Pada tahun 1947, ia menerima gelar sarjana teknik elektro. Ia memperoleh gelar master sainsnya di bidang teknik elektro dari University of Wisconsin-Madison pada tahun 1950, saat bekerja di Centralab, sebuah divisi dari perusahaan Globe-Union di Milwaukee.

Bermodal Peralatan Pinjaman Jack Kilby Melakukan Penelitian

Pada tahun 1958, Kilby bergabung dengan Texas Instrument (TI) di Dallas. Selama musim panas pada tahun itu ketika teman-teman sekerjanya menikmati liburan musim panas, dengan peralatan pinjaman dan seadanya, Kilby menyusun dan membuat rangkaian elektronik pertama yang semua komponen-komponennya aktif dan pasif difabrikasi pada sebuah lempeng tunggal material semikonduktor seukuran setengah penjepit kertas.

Sejarah Hari Ini: Wafatnya Jack Kilby Sang Penemu Mikrochip Pertama di Dunia 20
Bosscha-Infografis Jack Kilby Sang Penemu Mikrochip

Pada tanggal 12 September dia mempresentasikan temuannya kepada manajemen, termasuk Mark Shepherd. Dia menunjukkan sepotong germanium dengan sebuah osiloskop yang terpasang, menekan tombol, dan osiloskop menunjukkan gelombang sinus terus-menerus, membuktikan bahwa sirkuit terpadunya bekerja dan dengan demikian dia telah memecahkan masalah ini. 

Baca Juga:   Sejarah 17 Oktober: Bunda Teresa Terima Penghargaan Pedamaian Nobel

Penemuan Sirkuit Terpadu

Sejarah Hari Ini: Wafatnya Jack Kilby Sang Penemu Mikrochip Pertama di Dunia 21
Replika Sirkuit Terpadu, Penemuan Jack Kilby, Sumber Wikipedia

Ide pendahulu dari sirkuit terpadu yaitu membuat kotak persegi kecil dari keramik (wafers), dan setiap persegi memuat satu miniatur komponen. Komponen tersebut kemudian disatukan dan dihubungkan dengan kabel untuk membentuk kisi 2 atau 3 dimensi. Ide ini terlihat meyakinkan, dan pada tahun 1957 diajukan kepada US Army oleh Jack Kilby, yang menghasilkan proyek Micromodule Program (sama dengan 1951’s Project Tinkertoy) yang berumur pendek. Tetapi, seiring berjalannya proyek ini, Kilby memikirkan sebuah ide lain yang sekarang dikenal sebagai sirkut terpadu.

Kilby dihargai Nobel Prize pada tahun 2000 di bidang Fisika untuk peranannya dalam penemuan sirkuit terpadu. 

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password