Patung Liberty Didirikan Sebagai Simbol Kebebasan Rakyat AS, Yuk Lihat Lagi Sejarahnya

Patung Liberty Didirikan Sebagai Simbol Kebebasan Rakyat AS, Yuk Lihat Lagi Sejarahnya 19
Bosscha-Sejarah Patung Liberty Sebagai Simbol Kebebasan Dan Demokrasi

Bosscha.idSejarah berdirinya Patung Liberty adalah salah satu monumen paling ikonik di Amerika Serikat. Patung ini memiliki makna bahwa rakyat Amerika memiliki kebebasan dan demokrasi. Kebebasan berpendapat, hak bebas untuk memilih, hak bebas untuk bertindak dan hak bebas untuk hidup.

Patung ini adalah ide dari sahabat George Washington, presiden pertama Amerika Serikat. Sahabat George Washington bernama Edouard Rene de Laboulaye Lefebvre. Laboulaye adalah seorang ahli hukum dan pemikir dari Perancis. Laboulaye mengatakan dalam makam malam kecil itu sebuah ide. Ide untuk membuatkan Amerika Serikat sebuah monumen untuk memperingati demokrasi di Amerika Serikat dan berharap Perancis dapat ikut menjadi negara demokratis di dunia.

Perancangan Patung Liberty

Patung Liberty yang dirancang Frédéric-Auguste Bartholdi. Bartholdi sendiri adalah seorang pematung terkenal berumur 31 tahun. Laboulaye meminta Bartholdi untuk berkunjung ke Amerika Serikat untuk melihat situasi disana. Dirinya juga berharap Bartholdi mendapatkan inspirasi. Laboulaye berharap dapat membuat suatu monumen untuk mengingat persahabatan yang erat antara Amerika Serikat dan Perancis.

Bartholdi berkeliling Amerika untuk mendapatkan pendapat Amerika mengenai ide pembangunannya. Bartholdi bercita-cita menciptakan sejarah berdirinya Patung Liberty di Amerika Serikat. Desain awal di bawah ke Amerika. Desain awalnya berbentuk sketsa. Ajaibnya, desain itu diterima.

Dana Besar Untuk Patung Liberty Yang Besar

Patung Liberty ini sangatlah besar tentu membutuhkan dana yang besar juga. Di Perancis Bartholdi mengumpulkan dana dengan berkunjung ke perusahaan-perusahaan. Berharap mendapatkan dana walaupun sedikit. Pemerintah Perancis pun merespon dengan menarik pajak dari sektor-sektor yang memungkinkan walaupun pada awalnya  Pemerintah Perancis enggan membantu pendanaannya karena terlalu mahal.

Patung Liberty Didirikan Sebagai Simbol Kebebasan Rakyat AS, Yuk Lihat Lagi Sejarahnya 20
Bosscha-Infografis Pembuatan Patung Liberty

Sebaliknya di Amerika Serikat sendiri pengumpulan dana sangat lambat, dan ini memicu Joseph Pulitzer orang kaya Amerika Serikat membuka kantor surat kabar The World. Pulitzer menulis ktitikan kepada orang kaya karena enggan menyumbang. Pulitzer juga memanfaatkan orang-orang kurang mampu untuk mengumpulkan dana.

Biaya sumbangan yang diharapkan mencapai $100.000 dapat terkumpul sampai $120.000 kala itu. Strategi Pulitzer adalah dengan mencantumkan setiap nama yang menyumbang kedalam korannya.

Proses Pembuatan Patung Liberty

Untuk menyusung rangka dan tulang penyusun patungnya. Bartholdi meminta bantuan arsitek baja terkenal Alexandre Gustave Eiffel. Eiffel adalah perancang dan pembangun menara ikonik Perancis, Menara Eiffel. Pada tahun 1876, lengan patung Liberty di bawa ke Philadelphia. Lengan yang berukuran 9,1 meter dibawa dengan modal 50 sen. Lengan inilah yang akan dijadikan ruangan. Bartholdi berharap inilah satu-satunya patung yang bisa dimasuki.

Baca Juga:   Sial, Buronan Tertangkap Polisi Gara-gara Bunyi Kentut

Di Amerika sendiri dilaksanakan proyek pembangunan pondasi Patung Liberty. Jendral Charles. P Stone dipanggil sebagai pembuat pondasi berdirinya Patung Liberty. Arsitek pembuat pondasi adalah seorang desainer terkenal New York, Richard Moris Hunt. Bartholdi sendiri yang memilih lokasi berdirinya Patung Liberty.

Berdirinya Patung Liberty

Laboulaye pencetus ide berdirinya Patung Liberty meninggal karena serangan jantung pada tahun 1883. Satu tahun setelahnya 1884 Patung Liberty menjalani pembangunan tahap akhir. Patung Liberty pada musim semi di tahun 1885 masih tetap berada di Perancis. 

Pada tanggal 15 Juni 1885, potongan Patung Liberty yang terdiri dari 214 kotak kayu tiba di Pulau Bedloe. Namun Patung Liberty baru didirikan pada bulan Mei 1886. Pendiriannya memakan waktu sekitar enam bulan masa pendirian.

Pada tanggal 25 Oktober 1886, Bartholdi beserta istrinya berkunjung ke Amerika Serikat untuk melihat hasil karyanya. Bartholdi berangkat dari perancis bersama Viscount Ferdinand de Lesseps-Marie, Ketua Uni Franco-Amerika. Kedatangan rombongan Bartholdi disambut oleh Komite Amerika dan Joseph Pulitzer. Setibanya di pulau Bedloe tempat berdirinya Patung Liberty. Bartholdi hanya berkata bahwa cita-citanya telah terwujud.

Pada tanggal 28 Oktober 1886, Patung Liberty di buka untuk umum. Pemerintah Amerika Serikat menetapkan hari tersebut sebagai hari libur nasional. Namuh hanya Wall Street yang tidak libur saat itu. Parade tiga warna dilaksanakan sepanjang kota New York. Tiga warna itu adalah merah, putih, biru. Warna yang melambangkan bendera Perancis. Setiap anak mengikatkat pita berdasarkan warna itu dan membanjiri kota.

Patung Liberty menjadi patung tertinggi dunia. Namun pada tahun 1899 dikalahkan oleh patung Santo Paulus di Brasil. Pada tahun 1903 dipasanglah sebuah plat perunggu yang berukirkan puisi karangan Emma Lazarus – The New Colosuss yang turut membantu pendanaan.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password