Sejarah Hari Ini: Valentina Tereshkova,Wanita Pertama yang Terbang ke Ruang Angkasa

Bosscha.id

Bosscha.id– Tepat hari ini, 16 Juni 2019 hari bersejarah bagi Rusia. Karena pada 16 Juni 1963 silam, di Rusia pernah ada perempuan pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa. Dia adalaah Valentina Vladimirovna Tereshkova.

Mengenal profil Valentina

Valentina Tereshkova lahir pada 6 Maret 1937 di Bolshoye Maslennikovo , sebuah desa di Sungai Volga 270 kilometer (170 mil) timur laut Moskwa dan bagian dari Oblast Yaroslavl di Rusia tengah.

Keahliannya dalam skydiving membuatnya terpilih sebagai kosmonot. Sebelum direkrut sebagai kosmonot, Tereshkova hanyalah pekerja di pabrik tekstil dan seorang prajurit tentara payung amatir. Setelah pembubaran kelompok pertama kosmonot perempuan pada tahun 1969, ia menjadi anggota terkemuka dari Partai Komunis Uni Soviet, memegang berbagai kantor politik sehingga ia tetap aktif secara politik di masa runtuhnya Uni Soviet.

Profil Valentina Tereshkova/ Bosscha.id

Valentina yang juga anak dari seorang pengemudi traktor dan sang ibu adalah buruh perusahaan tekstil, itupun mampu menjadi salah satu yang terpilih dari empat ratus pelamar lebih dan lima finalis pilot-pilot Vostok 6 tanggal 16 Juni 1963. Dan akhirnya mampu melakukan penjelajahan ke ruang angkasa.

Baca Juga:   Sejarah 21 September: Liam Gallagher, Rockstar ‘Bermulut Besar’ yang Menolak Pudar

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password