Jangan Malas, Ini 10 Manfaat Penting Bangun Pagi

Sumber foto: (Freepik.com)

Bosscha.id– Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang rajin bangun pagi berpeluang lebih panjang umur daripada orang-orang yang suka bangun tidur kesiangan. Terlebih, bangun pagi juga membuat Anda mendapatkan udara yang lebih bersih dan sinar matahari yang baik kesehatan.

Berikut ini adalah 10 manfaat bangun pagi yang bisa Anda dapatkan seperti dikutip doktersehat.com.

Infografis manfaat bangun pagi/Bosscha.id

1. Lebih berenergi sepanjang haro

Manfaat bangun pagi yang pertama adalah membuat Anda berenergi sepanjang hari. Hal ini bisa Anda dapatkan apabila dibarengi dengan olahraga pagi. Perlu Anda ketahui bahwa olahraga membuat tubuh melepaskan hormon endorfin, di mana hal ini bisa membuat suasana hati yang lebih baik sekaligus menjaga kebugaran tubuh. Kondisi inilah yang memberikan energi tambahan saat melakukan pekerjaan.

2. Memberikan waktu untuk sarapan

Bangun lebih awal membuat Anda memiliki waktu sarapan yang baik. Jika Anda melewatkan sarapan, tubuh akan meresponnya dengan kelaparan berlebihan pada siang harinya. Ketika kelaparan mulai Anda alami, maka makan siang Anda berisiko dipenuhi oleh asupan-asupan yang tidak sehat.

3. Memiliki tubuh yang bugar

Manfaat bangun pagi berikutnya adalah membat seseorang lebih bersemangat untuk berolahraga dan menghirup udara segar. Jika kebiasaan bangun pagi ini rutin dilakukan maka efek positifnya adalah membuat tubuh lebih bugar dan sehat. Menghirup udara segar di pagi hari dibarengi dengan olahraga dapat meningkatkan energi dan menjaga suasana hati lebih baik.

4. Menjadi lebih bahagia

Bagi Anda yang sedang dilanda kesedihan, salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mendapatkan manfaat bangun pagi. Manfaat dari bangun pagi ini dipercaya dapat membuat Anda lebih bahagia dan sehat dibandingkan mereka yang memiliki kebiasaan begadang.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manula cenderung lebih bahagia daripada anak-anak muda karena mereka memiliki kebiasaan bangun pagi. Sedangkan orang dewasa yang bermain atau bekerja hingga larut malam, memiliki suasana hati yang buruk.

5. Membuat kondisi mental lebih baik

Seseorang yang memiliki kebiasaan bangun pagi memiliki mental yang lebih optimis. Selain itu, manfaat bangun pagi juga membuat seseorang memiliki perasaan mudah puas. Sementara itu, mereka yang tidur pagi hari dan terbangun di malam hari cenderung memiliki suasana negatif seperti pesimis dan depresi.

6. Meningkatkan produktivitas

Pekerjaan akan terasa lebih mudah apabila dilakukan pada pagi hari. Diwaktu inilah produktivitas bekerja akan mengalami peningkatan. Kondisi ini membuat waktu malam atau istirahat Anda tidak terngganggu oleh pekerjaan, sehingga waktu bersama keluarga jauh lebih banyak.

7. Berpikiran positif

Seseorang yang bangun lebih pagi biasanya memiliki jam tidur yang lebih awal. Tidur dengan jumlah penuh dari apa yang diperlukan tubuh dan pikiran, akan membuat Anda selalu berpikir positif. Hal ini membuktikan bahwa berpikir positif memiliki kaitan erat dengan waktu istirahat.

8. Indeks prestasi yang lebih baik

Bagi Anda yang ingin memiliki nilai akademik yang bagus, sepertinya Anda harus mendapatkan manfaat bangun pagi. Sebuah penelitan mengungkapkan, para siswa yang memiliki kebiasaan bangun pagi cenderung memiliki nilai yang lebih baik.

Alasannya, manfaat dari bangun pagi membuat seseorang bisa belajar terlebih dahulu sebelum jam belajar dimulai. Selain itu, manfaat bangun pagi mencegah seseorang untuk bermain atau bekerja hingga larut malam, sehingga seseorang akan otomatis untuk tidur lebih awal.

9. Menyelesaikan masalah lebih baik

Banyak orang tidak menyadari bahwa manfaat bangun pagi bisa membuat Anda menyelesaikan suatu masalah lebih baik. Manfaat dari bangun pagi ini membuat pikiran lebih siap untuk mengerjakan sesuatu.

Hal ini membuat Anda lebih lebih terorganisir dan bersemangat untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Jika Anda mendapatkan istirahat malam yang baik, maka kemampuan otak untuk menyelesaikan masalah akan lebih mudah.

10. Aktivitas harian yang terencana dengan baik

Bangun pagi membuat aktivitas yang akan Anda jalani selama seharian dapat terencana dengan baik. Sering kali manfaat bangun pagi ini tidak disadari namun memengaruhi sejumlah aktivitas harian Anda, seperti makan siang yang terlewatkan dan hal-hal sederhana lainnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password