Simak! Inilah 5 Karya yang Masuk Seleksi Tim Juri Lomba Batik KBB

Bosscha.id-Lomba Desain Batik KBB 2019 yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Bandung Barat akan mengisi gelaran tahunan dan kini sedang memasuki tahap penjurian. Rencananya pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada ceremonial Hari Batik pada Juli 2019 mendatang.

Pemkab Bandung Barat sendiri menggelar sayembara batik dan diikuti 41 peserta dari berbagai daerah. Sayembara tersebut bertujuan untuk mencari motif batik terbaik yang akan dipergunakan untuk seragam ASN Bandung Barat.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bandung Barat Yuyun Yunangsih Umbara, yang juga menjadi juri dalam perlombaan tersebut berharap, batik yang dinobatkan sebagai pemenang akan dijadikan sebagai ikon batik khas Kabupaten Bandung Barat, dan akan dipakai oleh para ASN KBB.

“Saya sangat bangga terhadap batik Indonesia karena merupakan simbol dari negara kita, terutama terhadap putra bangsa yang mempunyai inspirasi dan pemikiran untuk melukis batik,” ungkapnya

Sementara itu, Ketua penyelenggara sayembara batik, yang juga merupakan Kepala Perekonomian Setda KBB R.Eriska Hendrayana mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memilih model batik yang akan dijadikan seragam bagi ASN Kabupaten Bandung Barat.

“Aspek yang dinilai dalam perlombaan ini adalah komposisi warna, Filosofi kedaerahan yang berkaitan dengan Kabupaten Bandung Barat (Seni, Budaya, Sejarah, Hasil Bumi, Potensi Wisata), Keharmonisan Antara Motif dan Filosofi, serta Desain dan Corak. Pemenang akan diumumkan pada festival batik di bulan Juli 2019 mendatang,”terangnya.

Proses penjurian dilaksanakan pada Kamis, 13 Juni 2019 di Ruang rapat Kabupaten Bandung Barat. Dimulai pada pukul 09.00, diwakili oleh para juri kemudian penilaian. Berbagai kalangan ikut serta dalam memeriahkan perlombaan tersebut diantaranya berasal dari Pekalongan, Sukaraja, Lembang, Kalimantan, Bali, dan Yogyakarta. Tapi tidak sedikit pula peserta yang berasal dari KBB. Batik yang dipilih akan dijadikan keunggulan dan kebanggaan bagi ASN, selain itu pemenang perlombaan ini akan diberikan hadiah senilai Rp. 10.000.000.

Baca Juga:   Densus 88 Dilibatkan Ungkap Kasus Penusukan Terhadap Syekh Ali Jaber

Adapun berikut ini adalah 5 peserta dan karyanya yang masuk kedalam proses seleksi tim juri dari total 60 karya yang masuk :

Asep Wahyu

Batik KBB, Karya Asep Wahyu “KBB Oye!”

Bimo Maulana Zain

Batik KBB, Karya Bimo Maulana Zain “Spirit Of Bandung Barat”

Mohamad Arip Gumilar

Batik KBB, Karya Mohamad Arip “Sinergis KBB”

Nurman Ismail

Batik KBB, Karya Nurman Ismail “Lumpat”

Muhammad Fakhrul Amin

Batik KBB, Muhammad Fakhrul Amin “Boss Banu (Bosscha & Tangkuban Parahu”

Dari 5 yang terpilih dalam seleksi penjurian, selanjutnya akan dipilih 1 pemenang dengan beberapa point penilaian dari juri, diantaranya :

  • Konsep keseluruhan
  • Desain Batik (Motif, Warna, Karakter)
  • Aplikasi desain batik

Pemenang rencananya akan diumumkan pada tanggal 10 Juli 2019 bertepatan dengan Hari Batik. Pengumuman akan dipublish di website Bosscha.id

Pemenang bersifat absolut dan tidak bisa diganggu gugat sesuai dengan keputusan tim juri.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password