Bupati Aa Umbara Spontan Pungut Sampah Didepan Objek Wisata

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna bersama istri Yuyun Yuningsih secara spontan melakukan aksi bersih-bersih sampah yang berada di tepi jalan di depan objek wisata De Ranch, Kecamatan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Ahad (9/6/2019). Ist.

Bosscha.id– Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna secara spontan melakukan aksi bersih-bersih sampah yang berada di tepi jalan di depan objek wisata De Ranch, Kecamatan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Ahad (9/6/2019).

Aksi spontan bersih-bersih sampah tersebut dilakukan saat Aa Umbara bersama sang istri Yuyun Yuningsih Umbara sedang berolahraga pagi. Sebagai bentuk kepedulian serta menciptakan kebersihan lingkungan, memberikan kenyamanan kepada masyarakat dan juga menjaga keindahan lingkungan.

“Sebenarnya ini spontanitas saja, kebetulan saya dengan istri lagi jalan santai. Dan di sekitaran sini melihat banyak sampah berceceran, makanya kami bersihkan,” ujar Aa.

Menurut Aa Umbara, aksi bersih-bersih tersebut dilakukan karena ia merasa terpanggil untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dan pengunjung objek wisata, agar bisa hidup tertib salah satunya dengan menjaga kebersihan lingkungannya.

Apalagi, kata dia, masih banyak masyarakat dan pengunjung objek wisata terutama di kawasan Lembang, yang masih membuang sampah di sembarang tempat, sehingga terkesan kumuh dan kotor. Padahal, ini merupakan salah satu tempat berwisata.

“Intinya kita harus meningkatkan kesadaran. Karena kan kebersihan lingkungan menjadi urusan bersama, tidak hanya pemerintah saja, tapi juga masyarakat harus terlibat. Mulai dari hal kecil saja dulu, seperti tidak membuang sampah sembarangan,” imbuhnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung Barat itu, juga menginginkan perilaku masyarakat yang belum paham betul akan makna kebersihan, bisa dirubah. “Saya berharap, dari aksi spontan ini masyarakat bisa tergugah dan lebih peduli lagi terhadap lingkungannya, lebih sadar serta lebih tertib,” harapnya.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna saat melakukan aksi bersih-bersih sampah di tepi jalan di depan objek wisata De Ranch, Kecamatan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Ahad (9/6/2019).

Senada dengan Bupati, Yuyun yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Bandung Barat itu mengatakan, bahwasannya sebagai warga negara yang baik harus menanamkan perilaku yang peduli terhadap keindahan lingkungan.

“Saya merasa terpanggil untuk melakukan aksi ini secara spontan, dan mengoreksi perilaku yang tidak tertib (buang sampah sembarangan. Mari kita peduli terhadap kebersihan lingkungan dan memulainya dari diri kita sendiri,” ujar Yuyun.

Baca Juga:   Dampak Covid-19, RPJMD KBB 2018-2023 Direvisi
Selama Libur Lebaran Volume Sampah di KBB Mencapai 52 Ton

Sepanjang libur lebaran tahun ini, volume sampah yang berhasil diangkut oleh UPT Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Barat mencapai 52 ton. Adapun sampah tersebut bersumber dari konsumsi masyarakat serta sampah di pasar tradisional yang terjadi sejak malam takbiran hingga akhir liburan kemarin.

“Yang paling tinggi justru pada malam takbiran mencapai 40 ton yang berada di tiga wilayah mulai dari Lembang, Padalarang dan Batujajar. Sisanya 12 ton itu pada libur lebaran sejak Kamis (6/6/2019) hingga Minggu (9/6/2019) atau per hari mencapai 3 ton khusus di jalur protokol Lembang,” kata Kepala UPT Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup KBB, Rudi Kuntadi, Senin (10/6/2019).

Rudi menambahkan, belum maksimalnya pengangkutan sampah salah satu kendalanya masih kekurangan armada dan petugas. Meski demikian, dengan jumlah petugas yang mencapai 247 orang terdiri dari sopir dan kernet truk petugas lapangan ditambah 20 unit truk sampah yang bolak-balik mengirim ke TPA Sarimukti akan lebih dimaksimalkan.

“Kami akan memaksimalkan pelayanan pengangkutan sampah baik untuk pelanggan maupun sampah liar. Saat ini jumlah sampah yang dihasilkan setiap hari mencapai 700 ton/hari dari 16 kecamatan dan 165 desa. Namun yang mampu terangkut baru 145 ton hingga 150 ton/hari,” katana.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password