Sebelum Berangkat Mudik, Jangan Lupakan Sembilan Checklist Ini

Bosscha: Tips Mudik Aman Dan Nyaman

Bosscha.idMemasuki minggu terakhir menjelang lebaran, dimana lebaran adalah momen satu tahun sekali yang dapat dimanfaatkan untuk berkumpul bersama kerabat tercinta. Untuk Anda yang berada jauh di kampung halaman, lebaran adalah waktu untuk mudik. Berikut adalah tips mudik lebaran yang dapat Anda lakukan agar mudik menjadi Anda tahun ini menjadi aman, nyaman, dan menyenangkan.

Sebelum Berangkat Mudik

Kenyamanan dalam perjalanan mudik sangat ditentukan dari persiapan sebelum berangkat mudik.

Tentukan Kendaraan yang Cocok untuk Digunakan

Bosscha: Tips Perawatan Mobil Sebelum Berangkat Mudik

Banyak opsi kendaraan yang dapat dipilih untuk menuju kampung halaman. Pilihlah kendaraan yang menurut Anda paling aman dan nyaman. Jika Anda mengendarai kendaraan pribadi seperti mobil, periksa dan persiapkan terlebih dahulu kendaraan Anda seperti membawanya ke bengkel. Lalu, carilah jalur mudik alternatif yang aman dan pastikan kendaraan anda cocok untuk rute perjalanan anda. Apabila anda menggunakan kendaraan umum sebaiknya anda membeli tiket jauh-jauh hari sebelum hari H agar mendapatkan harga terbaik.

Bosscha: Tips Perawatan Motor Sebelum Berangkat Mudik

Atur Anggaran Selama Mudik

Beberapa minggu sebelum mudik, Anda dapat membuat daftar anggaran pengeluaran, seperti anggaran untuk tiket, penginapan, angpao lebaran, oleh – oleh, dan pengeluaran tak terduga. Persiapan anggaran tersebut dapat membantu Anda mengetahui berapa besar pengeluarannya dan dapat mempersiapkan keuangan Anda sebelum bepergian. 

Persiapan Barang Bawaan

Membuat daftar barang bawaan berguna untuk mendata agar tidak ada barang yang tertinggal. Jangan sampai ada barang penting, seperti charger gadget atau kamera, yang tertinggal karena lokasi tujuan yang jauh dari kota akan menyulitkan mencari barang pengganti yang tertinggal. Daftar tersebut juga berguna agar tidak terlalu banyak barang bawaan yang dibawa. Jangan terlalu banyak membawa barang bawaan karena nanti akan merepotkan di kendaraan dan juga dapat dipastikan saat pulang barang yang dibawa akan bertambah karena buah tangan.

Persiapan Kesehatan Fisik dan Bawa Obat-obatan Pribadi

Anda harus mempersiapkan fisik yang prima agar tidak mudah sakit di perjalanan. Apalagi jika Anda menyetir kendaraan pribadi, maka harus siap kondisi fisik agar tidak terjadi kecelakaan. Persiapkan juga kotak P3K dan juga obat – obatan pribadi jadi jika ada yang sakit di jalan dapat langsung diobati dan dapat mudik kembali dengan nyaman.

Baca Juga:   Dampak Covid-19, RPJMD KBB 2018-2023 Direvisi

Saat Perjalanan Mudik

Agar perjalanan mudik menyenangkan, sebaiknya anda melakukan hal ini

Persiapkan Yang Tunai Secukupnya

Keperluan sepanjang perjalanan bisa jadi tidak memungkinkan anda menggunakan alat transaksi modern seperti ATM, Credit Card karena di kampung halaman yang jauh dari kota juga sulit ditemukan keberadaan mesin ATM. Maka alangkah baiknya mempersiapkan uang tunai sebelumnya. Siapkan uang tunai secukupnya dan juga siapkan uang tunai cadangan. Sebaiknya, uang tunai cadangan dipisahkan tempatnya agar tidak terpakai untuk hal yang tidak terlalu penting.

Bawa Gadget Kesukaan Anda

Selama perjalanan, Anda dapat mengisi waktu dengan smartphone. Persiapkan smartphone kesayangan Anda dan jangan lupa untuk mengisi daya baterainya. Anda juga dapat membawa powerbank agar tetap bisa mengisi batrai gadget di jalan. Jangan lupa juga untuk mengisi pulsa agar tetap tersambung ke internet dan juga ada persiapan dalam keadaan darurat. Selain gadget, buku adalah opsi lain yang dapat Anda bawa dan menjadi hiburan selama di perjalanan. 

Jangan Boros Beli Oleh-Oleh

Dalam membeli oleh –oleh, jangan takut untuk menawar harganya, tetapi jangan juga menawar terlalu sadis agar tetap mendukung usaha daerah. Anda juga dapat memakai bahasa daerah agar timbul rasa kebersamaan ke pedagang.

Saatnya Selfie Rame-rame Dengan Keluarga

Waktu lebaran adalah mungkin adalah waktu satu tahun sekali yang Anda dapatkan untuk berkumpul dengan saudara yang tinggal jauh dengan Anda. Jangan memikirkan waktu untuk cepat balik ke kota asal. Lakukanlah kegiatan yang menyenangkan selama disana dan abadikan setiap momen. 

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password