Waspada! Hipnotis Mengintai Saat Mudik, Begini Cara Menangkalnya

Bosscha: Tips Menghindari Kejahatan Hipnotis

Bosscha.idBukan kasus baru apabila di musim mudik marak terjadi aksi kriminal dengan metode hipnotis, dari tahun ke tahun selalu ada korban dari jenis kejahatan seperti ini. Hipnotis memang banyak digunakan untuk hal yang baik atau bahkan untuk main-main belaka namun nyatanya ilmu ini lebih banyak digunakan untuk tindak kriminal.

Asal usul adanya hipnotis

Hipnotis dikenalkan oleh seorang Dokter yang bernama James Braid. Hipnotis telah dipelajari secara ilmiah dalam kurun waktu yang lama yaitu lebih dari 200 tahun. Hipnotis bukanlah sebuah ilmu yang berkaitan dengan supranatural melainkan lebih ke sugesti atau permainan kata yang membuat seseorang berada dalam kondisi alam bawah sadarnya. Banyak orang yang mengartikan hipnotis seperti halnya tidur, namun hipnotis masih membuat pasiennya dapat mendengar suara disekitar namun dalam keadaan yang damai dan pikiran yang lebih rileks.

Hipnotis bukan hanya sekedar digunakan kejahatan, namun juga digunakan dalam dunia medis yang berguna untuk membuat pasien tidak merasakan sakit. Selain itu hipnotis juga dapat digunakan untuk menghilankan trauma atau phobia pada seorang pasien.

polisi pun sudah mensiarkan tips-tips agar masyarakat dapat menghindari kejahatan hipnotis. Beberapa tips yang disarankan oleh humas Polda Metro Jaya adalah:

1. Yakin Bahwa Hipnotis Tidak Bekerja Untuk Anda

Percaya dan yakin sepenuhnya bahwa kejahatan hipnotis tidak akan berpengaruh pada orang yang menolaknya. Seluruh proses hipnotis adalah proses self hypnosis (sugesti diri sendiri). Rasa takut korban justru dimanfaatkan oleh pelaku hipnotis.

2. Jangan Mudah Percaya

Curiga pada orang yang baru dikenal dan berusaha mendekati. Seluruh proses hipnotis merupakan teknik komunikasi yang sangat persuasif. 

3. Tetap Waspada Dimanapun Berada

Waspada pada orang yang menepuk secara tiba-tiba. Selain itu ada baiknya menghindari percakapan yang mungkin terjadi. Ketika kita fokus pada ucapan seseorang, pada saat itulah sugesti sedang dilontarkan. karana itu penting untuk segeralah menjauh dari orang tersebut dan mengalihkan perhatian pada hal lain.

4. Jangan Melamun

Menyibukan pikiran dan jangan membiarkannya kosong pada saat sedang sendirian ditempat umum. Pada saat pikiran kosong, alam bawah sadar terbuka sangat lebar dan mudah untuk disugesti. 

5. Selalu Berdoa

Waspada pada rasa kantuk, mual, pusing, dan dada sesak yang datang tiba-tiba secara tidak wajar. Ada kemungkinan saat itu ada seseorang yang berusaha melakukan telepathic forcing. Dalam kondisi seperti ini disarankan untuk membuang seluruh energi negatif tersebut ke bumi. Caranya dengan cara berdoa menurut agama dan keyakinan yang dianut.

6. Latah Bisa Jadi Senjata

Selalu dampingi orang yang punya kebiasaan latah. Latah merupakan kebiasaan membuka bawah sadar untuk mengikuti perintah. Karena itu kebiasaan disarankan untuk dihilangkan.

7. Pastikan Anda Ditempat Aman

Hati-hati pada beberapa orang yang tiba-tiba mengerumuni tanpa suatu hal yang jelas. Jika mengalami hal seperti ini disarankan untuk pergi ke tempat yang ramai atau melapor pada petugas keamanan. Pelaku hipnotis kerap melakukan aksinya secara berkelompok walau seolah-olah tidak saling mengenal. 

8. Lawan Dari Dalam

Jika mulai merasa memasuki suatu kesadaran yang berbeda, dianjurkan untuk memerintahkan diri sendiri agar senatiasa terjaga dan normal kembali. Caranya dengan meyakinkan diri sendiri bahwa kita normal dan sadar sepenuhnya.

Hipnotis merupakan senjata ampuh untuk membuat korban melakukan hal yang mereka inginkan. Dengan banyaknya pemberitaan di berbagai media mengharuskan anda supaya tetap bersikap siaga entah dimanapun anda berada.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password