Keren! Pemkab Bandung Barat Punya Aplikasi Layanan Kesehatan Hewan Online

Bosscha.id– Penggunaan aplikasi Surat Elektronik Sertifikat Veteriner Online untuk mempermudah pelayanan pembuatan Surat Keterangna Kesehatan Hewan (SKKH) untuk pengiriman hewan dari Kabupaten Bandung Barat ke sejumlah daerah, termasuk luar negeri sangat efektif digunakan saat ini. Tidak sedikit masyarakat yang memanfaatkan aplikasi online tersebut untuk jual beli hewan.

“Sekarang, masyarakat bisa menggunakan aplikasi ini dengan baik. Karena aplikasi ini banyak manfaatnya, selain murah, mudah, cepat, tepat dan akurat,” kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan pada Dinas Perikanan dan Peternakan KBB, Wiwin Aprianti kepada Bosscha.id , Sabtu (25/5/2019).

Untuk menpermudah pelayanan tersebut, kata Wiwin, para petugas siap jemput bola ke setiap rumah pemilik hewan. Kemudian, petugas memeriksa hewan apakah hewan ternak tersebut layak untuk di jual ke luar negeri.

“Dokter hewan atau mantri datang langsung ke rumah untuk menditeksi kesehatan hewan agar tidak terkena penyakit. Kalau sudah layak di jual, baru kita berikan hasil SKKH hewan melalui whatsapp,” katanya.

Menurut Wiwin, setiap hewan ternak peliharaan yang masuk dan keluar daerah memang harus terjamin kesehatannya dan terhindar dari penyakit hewan.

Bosscha.id

Sementara melalui bukti Sertifikat Veteriner Online tersebut kata dia, juga membantu untuk mengantisipasi penyebaran penyakit hewan yang dapat membahayakan bagi manusia.

Baca Juga:   Pembantaian di Bar Meksiko Tewaskan 11 Orang

“Biasanya aplikasi ini bank digunakan selama hari raya Idul Adha. Kita cukup banyak mengeluarkan SKKH. Dari data kemarin saja kita mengeluarkan 10.000 SKKH yang dikeluarakan. Adapun untuk hari biasa, kebanyakan hewan kesayangan,” ungkapnya.

Wiwin menambahkan, setiap tahun puluhan hewan ternak seperti hewan jenis kelinci, sapi perah, anjing, kucing, unggas dan kuda itu sudah biasa di jual ke luar negeri seperti Malaysia, Brunei, Prancis, dan Jerman. Namun, khusus untuk pengiriman hewan ternak lintas daerah, selama ini pengirim sapi perah merupakan yang paling banyak.

“Baru-baru ini, ada 300 ekor kelinci dikirim ke pakistan. Secara pasar, hewan-hewan kesayangan banyak diminati,” kata Wiwin.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password