Wright Bersaudara, Penemu Pesawat Terbang Pertama di Dunia yang Berhasil Terbang

Wright Bersaudara, Penemu Pesawat Terbang Pertama Yang Berhasil Menerbangkan Idenya

Bosscha.idSebelum kita menikmati terbang menggunakan pesawat seperti sekarang, tahukah anda siapa penemunya dan orang yang berjuang merealisasikan ide bahwa manusia bisa terbang?.

Wilbur Wright dan juga Orville Wright adalah dua orang kakak adik yang tercatat sebagai penemu pesawat terbang. Orville Wright lahir pada tanggal 19 Agustus 1871 dan meninggal pada tahun 1948. Sementara itu Wilbur Wright, sang adik lahir pada tanggal 16 April tahun 1867 dan wafat di tahun 1912. Selanjutnya mereka dikenal dengan nama Wright Brothers sang penemu pesawat terbang. 

Wright Bersaudara, Tengah Duduk Dipesawat Ciptaannya, Sumber Foto: Net

Ide mengenai peswat terbang ini sudah ada setidaknya sejak tahun 200 Sebelum Masehi. Hal ini terlihat dari gambar-gambar kuno yang terlihat di atas langit-langit sebuah kuil bekas peninggalan Mesir Kuno. Selain itu, tepat di tahun 1898, ditemukan sebuah replika pesawat terbang di sebuah makam kuno di Mesir. Semua hal ini mengindikasikan ide terkait pesawat telah lama muncul. 

Desain Pesawat Wright Bersaudara, Sumber Foto: Net

Terinspirasi oleh burung yang mampu terbang dengan memanfaatkan keseimbangan udara, Wright bersaudara secara efektif merealisasikan ide tersebut dengan berhasil menerbangkan sebuah pesawat. Wright bersaudara yang sebenarnya berprofesi sebagai pengelola sebuah toko yang menjual peralatan motor dan juga melayani jasa perbaikan di Ohio Amerika Serikat.  

Baca Juga:   Kasus Covid-19 Bertambah, Ruang Isolasi RSUD Cililin Overload
Bosscha: Wright Bersaudara, Penemu Pesawat Terbang Pertama

Dengan latar belakang profesinya mengenai mesin dan didorong rasa ingin tahu tentang penerbangan. Mereka juga mulai membuat sejumlah mesin yang mereka harapkan bisa mewujudkan impian mereka menerbangkan pesawat. Setelah melakukan serangkaian percobaan yang cukup panjang, akhirnya Wright bersaudara berhasil menciptakan sebuah mesin yang dinamakan Wright Flyer.

Percobaan Penerbangan Pesawat Wright Bersaudara, Sumber Foto: Net

Pada tahun 1903 tepatnya pada pukul 9.30 pagi hari waktu setempat, mereka bisa membuktikan bahwa penelitian mereka bukanlah omong kosong semata. Wright bersaudara sukses menerbangkan sebuah pesawat kendali dengan jarak sepanjang 4 mil selama 12 detik dan mencapai ketinggian 37 meter.

Dan setelah keberhasilan Wright bersaudara, dunia penerbangan menemukan titik cerah nutuk dikembangkan lebin lanjut lagi.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password