Tips Puasa: 3 Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

(c) shutterstock

Bosscha.id- Mulut yang berbau tidak sedap, tentu akan membuat Anda merasa malu dan minder. Bau mulut juga sering menyebabkan seseorang kehilangan kepercayaan diri dan merasa khawatir bau mulut yang dialami akan mengganggu orang lain.

Memasuki Ramadan, bisanya masalah serupa kerap terjadi. Sebab, selama makan dan minum apa pun selama berjam-jam bisa menyebabkan kondisi yang disebut halitosis. 

Seperti dilansir hellosehat.com, untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting dilakukan. Berikut cara untuk menghilangkan bau mulut, sekaligus menjaga agar gigi dan gusi anda tetap sehat selama berpuasa.

1. Berkumur dengan mouthwash
hellosehat.com

Banyaknya bakteri di mulut dapat menimbulkan bau mulut. Anda dapat menghilangkan bakteri ini dengan berkumur menggunakan mouthwash

Sebaiknya gunakan mouthwash tanpa alkohol dan pastikan bahwa obat kumur yang Anda gunakan dapat membunuh bakteri di mulut. Berkumur secara rutin untuk menghilangkan bau.

2. Sikat Gigi
hellosehat.com

Setelah sahur, jangan lupa sikat gigi Anda secara menyeluruh. Pastikan Anda menjangkau seluruh bagian dalam mulut, termasuk sela-sela gigi. 

Hal ini baik untuk mencegah sisa makanan tersangkut di mulut dan jadi tempat bakteri berkembang biak. 

Sikat gigi di siang atau sore hari juga bisa jadi cara menghilangkan bau mulut saat puasa kalau benar-benar diperlukan. 

Baca Juga:   Sejarah 21 September: Liam Gallagher, Rockstar ‘Bermulut Besar’ yang Menolak Pudar

Namun, beberapa orang merasa kurang nyaman kalau harus sikat gigi dengan pasta gigi saat puasa. Maka cukup basahi sikat gigi dengan air saja, tak perlu pakai pasta gigi.

3. Bersihkan Lidah
hellosehat.com

Lidah Anda juga bisa jadi sarang bakteri sehingga muncul bau mulut. Bila Anda merasa napas jadi tak sedap, Anda bisa membersihkan lidah dengan alat khusus pembersih lidah yang sekarang sudah banyak dijual di toko.

Ini juga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau mulut saat puasa.

Anda tidak perlu pakai pasta gigi atau air untuk membersihkan lidah. Akan tetapi, pastikan alat pembersih lidah Anda selalu dalam keadaan higienis.

Source: hellosehat.com

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password