Benarkah Objek Wisata Curug Cimahi Kental dengan Mitos Putus Cinta?

Bosscha.idPernah berkunjung ke Curug Cimahi ?. Curug atau air terjun Cimahi mudah untuk dijangkau dan terletak persis di pinggir jalan raya kolonel Masturi dan tidak jauh dari Universitas Advent bandung, tepatnya di Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Asal-Usul Nama Curug Cimahi

Meski dikenal dengan nama Curug Cimahi, faktanya Curug Cimahi atau sekarang disebut Curug Pelangi terletak di wilayah Kabupaten Bandung Barat. Kata Cimahi pada Curug Cimahi sendiri berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di Situ (danau) Lembang dan mengalir ke Kota Cimahi.

Pintu Masuk Curug Cimahi, Sumber Foto: nativeindonesia.com

Curug ini berada di ketinggian 1050 m dpl dengan suhu di kawasan ini berkisar 18-22 derajat Celsius. Menjadikan air terjun ini sebagai salah satu curug tertinggi di wilayah Bandung dan sekitarnya.

Mitos di Curug Cimahi

Curug Cimahi secara resmi dibuka tahun 1978. Karena berada di kawasan hutan milik PT Perhutani Unit III Jabar, maka instansi itulah yang mengelola sehari-hari. Pini sepuh setempat, bertutur bila curug ini sudah ada sejak ratusan tahun silam. Tentu saja tak ada catatan resmi kapan curug ini ditemukan. Namun menurut cerita, 26 tahun silam, seorang bernama Jajang bersama dua rekannya, Engkos dan Dani Muharam, warga Kampung Cisarua, sudah merintis pembangunan curug ini. 

Bosscha: Mitos Putus Cinta Kalau Berkunjung Ke Curug Cimahi

Bumbu cerita yang berkembang di kalangan masyarakat setempat. Konon, tempat ini tidak boleh dikunjungi sepasang kekasih yang ingin memadu cinta. Sebab bila sepasang kekasih nekat datang ke tempat ini, dipercaya hubungannya tak akan langgeng. 

Menurut penuturan beberapa pedagang disekitar kawasan Curug Cimahi, Sudan banyak yang semasa pacaran berwisata ke tempat ini, hubungan mereka berakhir di pelaminan. Mereka juga menambahkan kalau mitos itu sepertinya hanya menimpa orang yang berpikiran mesum.

Fasilitas di Curug Cimahi

Fasilitas yang telah disediakan pihak pengelola di antaranya shelter yang terdapat di pinggir jalur dari gerbang menuju air terjun, tempat parkir, pintu gerbang, pagar pengaman, peta lokasi, jalan setapak, piknik site, bangku, tempat sampah, pusat informasi dan pos jaga, serta mushola dan kamar kecil. Selain itu terdapat beberapa warung milik warga yang menjual makanan dan minuman yang biasanya buka pada hari-hari ramai seperti akhir pekan dan liburan.

Baca Juga:   Lima Strategi Pembangunan Era Aa Umbara dan Hengki Kurniawan
Sumber Foto: nativeindonesia.com

Rute Menuju Curug Cimahi

Kendaraan Pribadi

Untuk menuju lokasi curug cimahi, anda bisa menggunakan banyak jalur alternatif baik dari arah Cimahi, pusat kota Bandung, ataupun dari Lembang. Salah satu akses paling mudah adalah melalui jalur Lembang – Parongpong, satu arah dengan dusun Bambu.

Anda cukup menyusuri jalur tersebut sampai ke terminal angkot Cisarua yang terletak kurang lebih 1 KM sebelum pertigaan ke Dusun Bambu Bandung.

Ikuti terus jalan ini. Patokannya adalah universitas advent. Setelah universitas advent, anda akan melewati turunan, jembatan dan tanjakan. Setelah tanjakan inilah gerbang ke curug cimahi berada.

Pintu masuk Curug Cimahi berada persis di sebelah terminal angkot Cisarua, di pinggir jalan Kolonel Masturi sehingga mudah ditemukan.

Angkutan Umum

Jika menggunakan angkutan umum, anda bisa menuju lokasi menggunakan angkutan kota jurusan Ledeng-Parongpong. dari terminal ledeng di jalan Setiabudi. Kemudian dilanjutkan memakai angkutan jurusan Parongpong-Padalarang sekitar 2 Km dan berhenti di terminal angkot Cisarua.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password