Tak Perlu ke Salon, Cegah Rambut Rontok Cukup dengan Buah Nanas

Bosscha.id – Selama ini buah nanas sering dijadikan bahan untuk es buah maupun es campur untuk hidangan takjil saat berbuka puasa. Tahukah anda disamping kesegarannya, buah nanas yang punya banyak kandungan vitamin dan mineral juga bisa mencegah kerontokan rambut.

Kandungan Buah Nanas

Buah yang bercita rasa manis-asam ini kaya akan vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan C, juga mangan, tembaga, kalium, betakaroten, asam folat, dan serat. Banyak sekali manfaat kesehatan yang didapat dari kandungan nutrisi tersebut, teman-teman.

Di antaranya buah nanas bisa membantu mengatasi sembelit, flu, cacingan, serta menjaga kesehatan mata, gigi, ginjal, jantung, tekanan darah, hingga tulang.

Buah nanas rupanya juga punya manfaat untuk kesehatan kulit. Oleh karenanya, nanas efektif untuk mengatasi ketombe dan rambut rontok, berikut ini manfaat buah nanas untuk kesehatan rambut.

1. Mencegah Rambut Rontok

Nanas kaya akan vitamin yang larut dalam air, yaitu vitamin C. Vitamin C adalah elemen penting dalam mencegah kerontokan rambut, teman-teman. Vitamin B1 dan B6 di dalam nanas juga membantu mengurangi kerontokan rambut, mencegah dehidrasi, menambah kelembutan, dan mengatur produksi minyak alami di kulit kepala.

Nanas juga mengandung antioksidan yang mampu membantu tubuh memulihkan diri dan memperbaiki jaringan, sekaligus menyerap zat besi. Makanlah nanas segar atau minum jus nanas untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari vitamin C dan mencegah rambut rontok.

2. Membantu Menebalkan Rambut

Konsentrat dari nanas diketahui memiliki kemampuan untuk menebalkan rambut. Senyawa kimia yang terdapat dalam buah nanas mampu memperkaya folikel rambut dengan memberikan suplemen-suplemen penting. Hasilnya, kelenturan dan ketebalan rambut pun meningkat, sehingga tidak mudah patah dan rontok.

3. Menyehatkan Kulit Kepala

Di dalam nanas ada kandungan bromelain, teman-teman. Bromelain adalah enzim antioksidatif yang memiliki kemampuan melawan berbagai peradangan pada kulit, seperti jerawat, eczema, psoriasis, dermatitis, dan rosacea. Mengonsumsi nanas dapat membantu mengatasi jamur penyebab ketombe dan infeksi pada kulit kepala yang memicu kerontokan rambut sekaligus kesehatan rambut secara keseluruhan.

Kemudian, kandungan vitamin A dalam buah nanas mampu menjaga agar rambut tetap lembut dan bersinar.

Cegah Rambut Rontok Cukup dengan Buah Nanas
Bosscha: Manfaat Buah Nanas Untuk Rambut

Selain dikonsumsi, kita juga bisa memanfaatkan nanas sebagai bahan perawatan rambut rontok dan anti ketombe.

Cara Membuat Obat Perawatan Rambut dari Nanas

Kupas kulit nanas yang matang, kemudian parut hingga lembut. Setelahnya, gosokkan parutan nanas ke kulit kepala di mana terdapat ketombe. Lalu, parutan nanas ini kita diamkan semalam di kulit kepala dan keesokan harinya bisa kita bilas sampai bersih. Kita bisa melakukannya dengan rutin sampai ketombe berkurang dan hilang.

Sebelum ke salon untuk perawatan, mari belajar merawat sendiri dirumah dengan bantuan buat nanas.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password