Pemakaian Air PDAM di Tiga Wilayah Bandung Raya Naik 10 Persen Selama Bulan Ramadan

Bosscha.id – Pemakaian air PDAM Tirta Raharja mengalami kenaikan sekitar 10% selama Ramadan ini. Adapun kenaikan terjadi merata di tiga wilayah yang dilayani PDAM Tirta Raharja, yakni Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat (KBB).

“Jika dibandingkan hari biasa, selama Ramadan memang ada kenaikan pemakaian air antara 10-15% dari kondisi normal.Peningkatan pemakaian terjadi pada sore dan malam hari hingga menjelang sahur,” ungkap Manajer Junior Humas dan Sekretariat PDAM Tirta Raharja, Sri Hartati kepada wartawan, Senin (13/5/2019).

Pemakaian Air PDAM di Tiga Wilayah Bandung Raya Naik 10 Persen Selama Bulan Ramadan
Bosscha.id/PDAM Tirta Raharja

Menurut Sri, kondisi ini diantisipasi oleh perusahaan pelat merah milik Pemkab Bandung tersebut dengan menyiagakan petugas piket dan penyaluran secara bergiliran di beberapa lokasi.

Sri menyebutkan, total sambungan rumah (SR) yang terlayani mencapai 98.103 yang terbagi wilayah pelayanan timur sebanyak 39.727, pelayanan utara 27.158, dan pelayanan selatan 31.218.

“Jumlah itu termasuk sambungan sektor industri, badan usaha, dan pribadi,” ucapnya.

Menurut Sri, meski ada peningkatan pemakaian namun suplai air tidak mengalami kendala. Ini, kata dia, dikarenakan sekarang hujan masih turun, sehingga sumber air baku di wilayah Cijanggel, Cisarua, KBB, untuk mengairi pelanggan di wilayah utara masih melimpah.

“Meski demikian, kami tetap melakukan antisipasi jika sewaktu-waktu ada kejadian yang tidak bisa diprediksi seperti kebocoran pipa ataupun adanya bencana. Sebab, bencana alam atau kebocoran pipa adalah situasi yang unpredictable,” ungkapnya.

Baca Juga:   Kota Bandung Berada pada Situasi Darurat COVID-19

Sri menyebutkan, PDAM tetap membuka pelayanan pada saat libur lebaran dengan adanya petugas piket untuk memberikan pelayanan dan pembayaran rekening. Adapun ia mengimbau dari sekarang kepada pelanggan sebelum mudik sebaiknya membayar tagihan terlebih dahulu.

“Pergunakan air secukupnya, tutup keran rapat-rapat, serta tampung air untuk persediaan. Jika ada keluhan atau pengaduan bisa disampaikan melalui nomor kontak operator di wilayah terdekat. Termasuk sekarang perusahaan tetap memprioritaskan pelayanan ke pelanggan apalagi sejak awal tahun lalu tarif air sudah naik setelah lima tahun belum pernah ada penyesuaian,” ungkapnya.**

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password