Bangga, Museum Al-Quran Terbesar di Dunia Ternyata Ada di Indonesia

Sumber Foto: Net

Bosscha.id – Selain banyak sekali masjid yang megah di Indonesia, Al-Quran terbesar di dunia pun juga ada di Indonesia. Museum Al-Quran Raksasa terletak di Palembang, Sumatra Selatan. Tepatnya, di Jalan M. Amin, Soak Bujang, Kelurahan Ganus. 

Di museum ini terpajang Al-Quran terbesar di dunia yang dipahat di kayu-kayu tembesu dengan tinta berwarna emas. Kayu ini panjangnya 166 cm dengan lebar 140 cm, dan tebal 2,5 cm. Ada kurang lebih 315 papan yang bertuliskan ayat-ayat suci Al-Quran di kedua sisinya. Jadi kurang lebih ada 630 halaman pahatan ayat-ayat suci Al-Quran.

Kisah Dibalik Pembuatannya

Dalam pembuatannya, Al-Quran terbesar di dunia ini melibatkan 35 orang dalam pengerjaannya ini dibuat oleh Sofwatillah Mohzaib yang biasa dipanggil Opat. Opat memang tertarik dengan seni kaligrafi. Ia jugalah yang mengukir kaligrafi pada pintu Masjid Agung Palembang. Suatu malam ia bermimpi diberikan isyarat untuk membuat Al-Quran terbesar di dunia. Lalu, ia pun merencanakan pembuatan Al-Quran raksasa ini.

Dari 35 orang yang terlibat Ada lima orang yang bertugas untuk mengukir dan 30 orang lainnya berperan dalam pemahat dan pemotong kayu. Pembuatan Al-Quran raksasa ini menghabiskan waktu tujuh tahun dengan biaya kurang lebih 1,2 milyar rupiah.

Baca Juga:   Lima Daerah di Jabar Zona Merah COVID-19
Sumber Foto: Net

Untuk menarik minat donatur agar mendukung rencananya tersebut, awalnya Opat mengukir surat Al-Fatiha di atas papan kayu tembesu. Karyanya ini dipamerkan di Masjid Agung Palembang, pada 2002 dalam rangka Tahun Baru Islam 1 Muharram 1423. Dengan usahanya tersebut, donatur pun berhasil terkumpul. 

Peresmian Museum Al-Quran Terbesar di Dunia

Sumber Foto: Net

Diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama Organisasi Konferensi Islam (OKI) pada 2012, Museum Al-Quran Raksasa pun sudah bisa dikunjungi. Biaya masuk ke museum ini hanya 5.000 rupiah saja. Para pengunjung akan didampingi oleh pemandu yang bertugas menjelaskan apa saja yang ada di dalam museum.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password