Catat! Inilah Titik Simpul Kemacetan di Bandung Barat

Bosscha.id – Memasuki bulan Ramadan kemacetan di sejumlah jalan protokol di Bandung Barat kerap terjadi. Di KBB setidaknya ada beberapa  titik simpul kemacetan yakni mulai di Pasar Tagog Padalarang, Underpass Mekarsari, Samsat Cimareme, dan kawasan industri Batujajar.  Sementara di Lembang, kemacetan biasa terjadi di simpang Beatrix dan kawasan pasar Panorama Lembang.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat Vega Priambodo, mengungkapkan, upaya dalam mengatasi kemacetan di kawasan tersebut salah satunya dengaan menempatkan sejumlah anggota dan mengatur rekaya lalu lintas.

“Kemacetan di kawasan itu bisanya terjadi pada hari kerja. Selama ramadan, tetap anggota kami turun ke lapangan. Hanya saja, yang biasanya petugas berada di lapangan pukul setengah 05.00 sore, namun ramadan ini mereka stand by pukul 04.00. Karena selama ramadan, pukul 03.00 masyarakat sudah bubaran di tempat kerja,” kata Vega, Senin (13/5/2019).

Vega juga mengatakan, untuk mengantispasi masalah kemacetan di sejumlah titik tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Termasuk koordinasi dilakukan dalam rangka persiapan operasi ketupat.

“Tadi rapat dengan polres untuk rapat operasi ketupat. Rapat juga mempersiapkan lonjakan kendaraan di H-7 lebaran dan H+Lebaran,” katanya.

Pembatasan Jam Operasional Kendaraan

Selama ini, Pemkab Bandung Barat telah menerapkan pembatasan jam operasional kendaraan berat di kawasan Padalarang, Cimareme dan Batujajar. Namun, jam operasional tersebut masih belum optimal dijalankan. Sebab, meskipun aturan pembatasan sudah diterapkan, hingga kini masih banyak kendaraan besar yang melanggar.

Vega mengakui, dengan kondisi tersebut kemacetan di jalur protokol tersebut kerap terjadi. Ia mengimbau, jaga kelelamatan di jalan dan mangan sampái maysarakat

Baca Juga:   Sudah Dilarang, Ratusan Warga Gununghalu Nekat Pulang Kampung, Camat Gunung Halu: Mereka Langsung Diisolasi Mandiri

“Sebetulnya pemberlakuan jam operasional sudah lama dilakukan. Sosialiasi juga sudah kita lakukan dengan kepolisian. Kalau masih ada pengemudi yang melanggar, nanti penindakannya langsung oleh pihak kepolisian,” kata Vega.

Titik Simpul Kemacetan di Bandung Barat
Titik Simpul Kemacetan di Bandung Barat

Menurut Vega, selama ini pembatasan jam operasional kendaraan berat  diberlakukan di jalur protokil seperti di Jalan Raya Padalarang, Jalan Cihaliwung, Jalan Panaris, Jalan Cimareme, dan Jalan Cangkorah-Batujajar. Adapun, di jalur-jalur tersebut truk dilarang melintas pada pukul 7.00-10.00 dan 15.00-18.00.

“Jam ini masih berlaku sampai saat ini, terkecuali kendaraan untuk sembako.Ini dilakukan, bukan hanya mengurai kemacetan, tapi untuk menjaga keselamatan pengendara,” ungkapnya.

Vega juga mengatakan, sejumlah pabrik di KBB sudah diberikan edaran terkait pemberlakuan jam operasional kendaraan besar tersebut. Tahun ini pihaknya pun akan gencar melakukan sosialiasi terkai penerapam aturan jam operasional untuk kendaraan besar.

“Untuk sosialisasi, tahun lalu kita juga pernah melibatkan apindo. Dalam waktu dekat ini akan ada sosialiasi lagi terkait pemberlakuan jam operasional ini. Harapannya, supaya tidak ada lagi kendaraan-kendaraan besar yang melanggar,” terangnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password