Unik! Pisang Berkulit Biru Dari Hawaii

Pisang Berkulit Biru Dari Hawaii
Pisang Hawaii Yang Berhasil di Panen di Indonesia, Sumber Foto: Net

Bosscha.id – Selama ini kita cuma mengenal buah pisang memiliki ciri khas berbentuk melengkung dengan warna kuning cerah. Namun, ada satu jenis pisang unik dengan nama blue java banana atau pisang biru jawa. Pisang ini dijuluki sebagai ice cream banana Karena memiliki keunikan  pada teksturnya yang seperti es krim vanila.

Blue java banana sesuai namanya memiliki kulit yang berwarna biru kehijauan, kulit yang berwarna biru kehijauan ini akan dialami oleh pisang saat belum matang dan warna kulitnya akan berubah menjadi kuning buram saat matang. Selain warnanya yang unik ukuran blue java banana juga cukup besar jika dibandingkan dengan pisang biasa, yaitu bisa mencapai ukuran sekitar 17 sentimeter. Buah blue java banana dagingnya tetap berwarna putih kekuningan, dengan tekstur yang lebih lembut.

Bukan Dari Jawa Tapi Dari Hawaii

Ternyata blue java banana bukan berasal dari pulau Jawa walaupun dalam nama pisang ini ada kata “java” atau “jawa”. Pisang biru jawa merupakan pisang yang berasal dari Hawaii dan pertama kali ditanam oleh petani Hawaii sekitar tahun 1920-an, itulah sebabnya pisang biru jawa ini dijuluki juga sebagai pisang hawaii. Meskipun pisang biru jawa ditanam pertama kali di Hawaii, tapi pisang ini juga banyak terdapat di Asia Tenggara dan Amerika Tengah.

Infografis Pisang Berkulit Biru Dari Hawaii, kaya nutrisi
Bosscha: Pisang Hawaii Berkulit Biru Kaya Akan Nutrisi

Memiliki Banyak Nutrisi

Pisang hawaii selain unik secara bentuk dan warna, tapi juga memiliki banyak kandungan vitamin B6 dan C, serta kaya akan kalium, magnesium, tembaga, mangan, serta protein. Selain itu, pisang hawaii juga baik untuk kesehatan jantung yang merupakan manfaat dari kalium yang ada di dalamnya. Mengonsumsi pisang hawaii juga bisa meningkatkan kesehatan pencernaan, karena pisang mengandung serat yang tidak bisa dicerna, seperti selulosa, hemiselulosa, dan alfa-glukan yang bisa membantu mencegah sembelit, memulihkan, serta mempertahankan fungsi usus.

Masih Langka di Indonesia

Tidak mudah untuk mencicipi lembutnya blue java banana atau pisang hawaii ini, pasalnya di Indonesia belum banyak penjual yang menyediakan pisang berkulit biru ini. Jadi harus sabar menanti.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password