Indonesia Bangga, Batik Jadi Busana di Sidang Dewan Keamanan PBB

Bosscha.id – Selasa, 7 Mei yang lalu, diadakan Sidang Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di markas besar PBB yang ada di New York, Amerika Serikat.

Dalam Sidang Dewan Keamanan PBB dengan agenda pertemuan Debat Terbuka atau Open Debate yang berlangsung di New York, Amerika Serikat. Sidang ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai negara, nih, teman-teman, termasuk Indonesia yang diwakili oleh Menteri Luar Negeri, Ibu Retno L. P. Marsudi.

Uniknya terlihat ada beberapa anggota DK PBB dari berbagai negara yang mengenakan batik. Salah satu anggota DK PBB yang mengenakan batik adalah Antonio Guterres, Sekretaris Jenderal PBB yang memakan motif tenun troso berwarna cerah. Selain itu, baju batik juga dipakai oleh perwakilan DK PBB dari Amerika Serika, Jerman, Pantai Gading, Perancis, Perus, Republik Dominika, dan Tiongkok.

Batik Jadi Busana di Sidang Dewan Keamanan PBB
Sumber Foto: KEMENLU

Para DK PBB biasanya menghadiri sidang dengan mengenakan setelan jas, baju yang dikenakan pada sidang hari Selasa kemarin cukup berbeda dengan mengenakan batik untuk menghormati Indonesia pada sidang atau pertemuan Debat Terbuka dengan tema “Menabur Benih Perdamaian” tersebut. Kehadiran Indonesia sendiri diwakili oleh Menteri Luar Negeri, Iu Retno L. P Marsudi yang terpilih memimpin sidang Dewan Keamanan atau menjadi Presidensi  Dewan Keamanan PBB untuk bulan Mei 2019.

Baca Juga:   Bahas Kemanusiaan dan Perdamaian, JK Temui Paus Fransiskus

Sejarah batik hingga bisa mendunia seperti sekarang ini ternyata bermula sejak era pemerintahan Soeharto yang mengenakan batik saat menghadiri konferensi PBB.

Setelah itu, setiap tamu kenegaraan yang berkunjung ke Indonesia selalu diberikan hadiah atau cendera mata berupa kain batik.

Tak heran Batik yang dikenakan oleh beberapa perwakilan DK PBB dari berbagai negara pun merupakan koleksi pribadi para anggota dewan, yang didapatkan dari berbagai kesempatan, seperti diberikan sebagai cendera mata oleh perwakilan Indonesia kepada para anggota dewan saat berada di New York.

Dan tidak sedikit dari mereka yang membeli langsung saat berada di Indonesia saat berkunjung ke Indonesia.


Jadi sudahkah anda membeli batik baru untuk lebaran nanti?

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password