Mengenal Jean Henry Dunant Sang Bapak Palang Merah Dunia

Mobil ICRC, ditengah Krisis Syria, Sumber Foto: Net

Bosscha.id – Tanggal 8 Mei dipilih sebagai Hari Palang Merah Sedunia karena pada tanggal inilah Bapak Palang Merah, Jean Henry Dunant dilahirkan. Dialah yang menginspirasi terbentuknya Komite Internasional Palang Merah (ICRC) pada tahun 1863.

Jika kita membicarakan tentang palang merah, yang terlintas dipikiran kita biasanya tentang kegiatan donor darah yang memang kerap dilakukan oleh organisasi ini. Padahal, peran Palang Merah tidak hanya tentang kegiatan donor saja. Ada banyak sekali peran dari organisasi ini di bidang kesehatan dan kemanusiaan.

Henry Dunant adalah seorang pengusaha sekaligus aktifis sosial yang berasal dari Swiss, negara yang dikenal luas sebagai negara yang netral di dunia. Beliaulah yang menginspirasi terbentuknya Komite Internasional Palang Merah (ICRC) pada tahun 1863.

Bosscha: Sosok Jean Henry Dunant, Bapak Palang Merah International

Hal yang melatarbelakangi terbentuknya ICRC adalah perjalanan bisnis ke Solferino, Italia, dimana Henry Dunant menyaksikan banyak korban perang yang membuatnya miris pada tahun 1859. Berkat gagasannya mendirikan Gerakan Palang Merah inilah, Dunant akhirnya meraih Nobel Perdamaian pada tahun 1901.

Baca Juga:   Yoshihide Suga Terpilih Jadi PM Jepang Gantikan Shinzo Abe

ICRC sekarang bermarkas di Jenewa, Swiss. Gerakan Palang Merah sendiri sekarang sudah menyebar ke seluruh negara-negara di dunia dan berhasil membuktikan bahwa lembaga ini sangat berperan dalam misi kemanusiaan global. Untuk menghormati Peran Jean Henry Dunant dalam berdirinya ICRC, maka setiap tanggal 8 Mei yang bertepatan dengan tanggal lahirnya dirayakan sebagai Hari Palang Merah Internasional.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password