Mengintip Sejarah Bala-bala, Makanan Favorit Khas Orang Sunda

Bosscha: Bala-bala Makanan Khas Jawa Barat

Bosscha.id – Bala-Bala atau Bakwan adalah makanan gorengan yang terbuat dari sayuran dan tepung terigu yang lazim ditemukan di Indonesia. Bakwan biasanya merujuk kepada kudapan gorengan sayur-sayuran yang biasa dijual oleh penjaja keliling gorengan.

Bahannya terdiri dari taoge, irisan kubis (kol) atau irisan wortel, dicampur dalam adonan tepung terigu dan digoreng dalam minyak goreng yang cukup banyak. Di Jawa Barat bakwan disebut “Bala-bala”. Bakwan mirip dengan masakan Jepang yasai tenpura (tempura sayur).

Kenapa Namanya Bala-bala ?

Bala, berasal dari kata ‘Ngebala’ atau menyampah. Adonan makanan yang terdiri dari berbagai sayuran sisa sayur, karena sayang dibuang lalu dicampur dengan tepung terigu, garam, bawang putih, bawang bakung dan air. Adonan siap digoreng jadilah bentuk makanan yang ngebala tapi nikmat.

Bala-bala: Sejarah, Resep dan Cara Memasaknya
Bala-bala: Sejarah, Resep dan Cara Memasaknya

Bedanya Bala-bala dengan Bakwan?. Bakwan sebenarnya berasal dari Cina yang terlihat jelas pada kata ‘Bak’ yang berarti Daging. Hal ini serupa dengan makanan lain yang memiliki asal yang sama seperti Bakpao (Roti isi Daging), Bakso (Bola Daging), Bakmi (Mie Daging), Bakpia (Kue daging kacang hijau), Bacang (Makanan Daging Cacah).

Pada saat terjadi perdagangan dan pertukaran budaya di Indonesia, resep makanan pun saling berbaur sehingga mempengaruhi masakan tradisional saat itu. penggunaan kata Bak sendiri sampai sekarang masih digunkan meskipun Bakwan tidak lagi berisi daging / udang. 

Cara Memasak Bala-bala

Berikut ini adalah bahan dan cara membuatnya Bala-bala:

  • 3 buah wortel, parut kasar
  • 2 batang bawang bakung
  • 100 gram tepung terigu
  • Air secukupnya, hingga adonan tercampur rata saja. Saya tidak menggunakan telur.

Bumbu halus

  • 2 siung bawang putih
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • penyedap dan garam secukupnya.

Satukan adonan tepung terigu, air dan bahan sayur, tambahkan bumbu hingga menjadi adonan yang kekentalannya cukup Agar rasanya lebih renyah, diamkan 5 menit di dalam kulkas. Barulah digoreng hingga kecoklatan.

Tiriskan Bala-bala agar minyak tak berlebihan. Bala-bala renyah siap dinikmati dengan, cengek, saos sambal, saus kacang.

Selamat mencoba. Semoga puasa hari ini, tidak sekedar menahan lapar dan haus tetapi mendapat keberkahan.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password