Hari Kebebasan Pers Internasional: Mengenal 5 Tokoh Jurnalis Berpengaruh dalam Sejarah

thenextweb.com

Bosscha.id – Tepat hari ini Jumat, 3 Mei 2019 diperingati sebagai Hari Kebebasan Pers Dunia. Dunia pers memilik tradisi panjang. Koran, televisi, radio, majalah, film dokumentasi, dan internet telah membawa perubahan, termasuk di dunia Jurnalistik.

Namun yang tak kalah penting dari perubahan pers, yakni peran wartawan. Wartawan menjadi garda utama dalam menyampaikan berbagai informasi kepada masyarakat.

Untuk memperingati Hari Kebebasan Pers Dunia, mari kita mengenal lima wartawan paling berpengaruh dalam sejarah:

Joseph Pulitzer

Joseph Pulitzer adalah seorang jurnalis dan penerbit surat kabar Hungaria-Amerika pada akhir abad ke-19. Pulitzer memperkenalkan teknik ” jurnalisme baru ” untuk surat kabar yang ia dirikan pada tahun 1880-an. Namanya dijadikan sebuah nama penghargaan yang dianggap tertinggi dalam bidang jurnalisme cetak di Amerika Serikat yaitu Penghargaan Pulitzer.

Hari Kebebasan Pers Internasional, tokoh jurnalis: Joseph Pulitzer
Joseph Pulitzer / Wikipedia

Benjamin Franklin

Benjamin Franklin lahir di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, 17 Januari 1706 – meninggal di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, 17 April 1790 di usia 84 tahun. Dia adalaha seorang wartawan, penerbit, pengarang, filantrofis, abolisionis, pelayan masyarakat (pejabat), ilmuwan, diplomat, dan penemu sekaligus. Franklin juga adalah salah seorang pemimpin Revolusi Amerika, dan salah satu penandatangan Deklarasi Kemerdekaan Amerika.

Benjamin Franklin
Benjamin Franklin/Wikipedia

John Peter Zenger

John Peter Zenger 26 Oktober 1967 – 28 Juli 1746 adalah seorang pencetak, penerbit, penyunting, dan jurnalis di New York City. Pada 1700-an, Peter yang kerap kritis, pernah menulis hal-hal tak menyenangkan tentang pemerintah Inggris.  Pada 1735 ia pun ditangkap dan diadili atas pencemaran nama baik. 

Baca Juga:   Pejabat Jerman Tuding AS Rebut Pesanan 200 ribu Masker Miliknya

Namun demikian, karena apa yang ditulisnya didasarkan pada kenyataan iapun dinyatakan tidak bersalah.

John Peter Zenger
John Peter Zenger/Wikipedia

Mochtar Lubis

Mochtar Lubis lahir di Padang, Sumatra Barat, 7 Maret 1922 – meninggal di Jakarta, 2 Juli 2004 pada umur 82 tahun. Dia adalah seorang jurnalis dan pengarang ternama asal Indonesia. 

Selain itu, Ia yang sempat dijebloskan ke dalam penjara hamper pada waktu pemerintahan rezim Soekarno, turut juga mendirikan Kantor Berita ANTARA, kemudian mendirikan dan memimpin harian Indonesia Raya yang telah dilarang terbit.

Mochtar Lubis
Mochtar Lubis/Wikipedia

Adi Negoro

Djamaluddin Adinegoro, terkadang dieja Adi Negoro gelar Datuak Maradjo Sutan lahir di Talawi, Sawahlunto, Sumatra Barat, 14 Agustus 1904 – meninggal di Jakarta, 8 Januari 1967 pada umur 62 tahun. Dia adalah sastrawan dan wartawan kawakan Indonesia. 

Berpendidikan STOVIA (1918-1925) dan ia juga pernah memperdalam pengetahuan mengenai jurnalistik, geografi, kartografi, dan geopolitik di Jerman dan Belanda (1926-1930).

Adi Negoro
Adinegoro/Wikipedia

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password