Respon Revolusi Digital, Pemkab Bandung Barat Mulai Digitalisasi Layanan Publik

Pemkab Bandung Barat Mulai Digitalisasi Layanan Publik

Bosscha.id – Guna memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat kini mulai menerapkan digital government. Terobosan tersebut dilakukan untuk melakukan pelayanan serba cepat, serba mudah, efisien, terbuka dan lekat dengan penggunaan aplikasi teknologi informasi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bandung Barat, Ludi Awaludin, mengatakan, pihaknya menyiapkan 13 aplikasi layanan. Ke-13 aplikasi di antaranya, layanan perizinan, layanan pengaduan, layanan administrasi kependudukan, hibah bansos online, quick response, e-planning, e-kinerja, e-office, e-audit, LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik), fingerprint atau absensi berbasis elektronik, LPPD (Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah) dan beberapa aplikasi lainnya. 

“Untuk saat ini kami menyiapkan 13 aplikasi layanan berbasis website dan android kepada masyarakat dan pegawai di lingkungan Pemkab Bandung Barat. Ke depan kami juga menyiapkan berbasis android untuk memudahkan aksesibilitas layanan,” kata Ludi, di Ngamprah, Kamis (2/5/2019).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bandung Barat, Ludi Awaludin

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bandung Barat, Ludi Awaludin

Menurut Ludi, layanan tersebut sebagai wujud penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE.

“Adapun selama ini kami hanya memfasilitasi pembuatan aplikasi dan penyimpanan server. Dan, untuk pengunaan masing-masing aplikasi dialkukan oleh masing-masing dinas,” kata Ludi.

Baca Juga:   Dampak Covid-19, RPJMD KBB 2018-2023 Direvisi

Ludi juga mengatakan, dengan serba digital, masyarakat akan mendapatkan layanan lebih mudah dan cepat dengan hanya menggunakan smartphone

“Ini juga akan digunakan, untuk layanan berbasis android. Ke depannya seperti layanan perizinan serta administrasi kependudukan yang bersifat layanan langsung kepada masyarakat itu bisa digunakan,” ujarnya.

Infografis Pemkab Bandung Barat Mulai Digitalisasi Layanan Publik
Infografis: Pemkab Bandung Barat Mulai Digitalisasi Layanan Publik

Sementara, untuk layanan berbasis website,  seperti layanan absensi elektronik pegawai atau fingerprint yang saat ini sudah mulai berjalan.

 “Jadi ada dua layanan mulai dari layanan berbasis website hingga android. Itu inovasi yang akan kami wujudkan,” terangnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password