Menyingkap Kekuatan Magis Batu Lonceng yang Menjadi Daya Tarik Wisatawan

Kekuatan Magis Batu Lonceng yang Menjadi Daya Tarik Wisatawan
bosscha-Wisata Sejarah Batu Lonceng Kabupaten Bandung Barat

Bosscha.id – Kampung Batuloceng sebuah perkampungan dimana sebagian penduduknya masih melaksanakan adat tradisi leluhurnya, rumah-rumahnya pun masih banyak rumah panggung, ber alaskan papan, berbilik bambu bahkan untuk memasak masih menggunakan Tungku dengan kayu bakar.

Lokasi Batu Loceng diapit oleh Gunung Palasari dan Bukit Unggul, tepatnya di Desa Suntenjaya. Situs Batu Lonceng  terletak diantar bukit antara Gunung Palasari dan Bukit Tunggul di Desa Suntenjaya 16 KM dari Lembang Bandung Barat. Pengunjung harus masuk ke melewati perkebunan warga.

Selain dari batu lonceng terdapat situs lain seperti Batu Kujang yang dipercaya memiliki kekuatan magis oleh warga setempat.

Nama kampung Batu Loceng, berasal dari salah satu situs yang dilindungi pusat kepurbakalaan Jawa Barat merupakan Cagar Alam yang dilindungi. Situs Batu Loceng memang belum terkenal sebagai destinasi wisata di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Kendati begitu, ada untaian sejarah Kerajaan Sunda Galuh atau Pajajaran yang terkandung di dalamnya.

“Batu lonceng ini salah satu yang saat ini tercatat 159 situs budaya di Bandung Barat dan tersebar di sejumlah kecamatan. Rencananya kami akan daftarkarkan menjadi situs cagar budaya nasional ke Badan Arkeologi,” kata Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat, Aa Wahya di Ngamprah, Kamis (2/5/2019).

Batu Lonceng sebutan masyarakat Desa Punten Jaya uituk batu yang bentuknya mirip tubuh manusia yang sedang bertapa (semedi). Nama batu lonceng dikeramatkan karena bisa mengeluarkan suara lonceng dan mengeluarkan sinar. Batu yang diduga merupakan prasasti peninggalan Kerajaan Pajajaran yang ditemukan sekitar abad ke-16 berdiameter 30 cm dan tinggi 50 cm.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, Situs Batu Loceng ditemukan saat pemerintah kolonial Belanda membuka lahan untuk penanaman kopi. Di sana ditemukan sebuah makam dengan panjang 4,5 meter dengan kepala yang mengarah ke timur.

Situs Kekuatan Magis Batu Lonceng yang Menjadi Daya Tarik Wisatawan
Bosscha: Situs Lonceng, Desa Suntenjaya, Kabupaten Bandung Barat

Sebagian orang percaya batu lonceng punya kekuatan magis. Kalau bisa mengangkatnya sambil berdoa, apa yang diinginkan bisa terkabul. Dan fakta menarik lainnya adalah tidak semua orang bisa mengangkat Batu Lonceng, bahkan sempat ada olahragawan yang mencoba mengangkat batu lonceng tapi tidak berhasil.

“Biasanya situs berusia lebih dari 50 tahun. Walaupun begitu, setiap situs keaslian bangunan harus terjaga,” ucap Aa.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password