Film Upin dan Ipin Terbaru “Keris Siamang” Segera Tayang di Indonesia

Bosscha.id – Siapa tak kenal si kembar lucu Upin dan Ipin? Upin Ipin menjadi tayangan yang cocok bagi anak-anak dan sangat mendidik. Dari sekian episode yang sudah tayang, akhirnya film layar lebar kedua dari serial kartun yang berasal dari Malaysia ini tayang di Indonesia mulai tanggal 9 Mei 2019 dengan Judul Upin & Ipin: Keris Siamang Tunggal!.

Upin dan Ipin mulai dirilis pada tahun 14 September, 2007 di Malaysia disiarkan di TV9  dan diproduksi oleh Les’ Copaque. Awalnya film ini bertujuan untuk mendidik anak-anak agar menghayati bulan Ramadhan. Di Indonesia Upin dan Ipin hadir di MNC TV. Di Turki, Upin dan Ipin disiarkan di Hilal TV. Film ini berdurasi 5-7 menit setiap episodenya. 

Sejarah Pembuatan Film Upin Ipin

Pada awalnya termasuk sebagan gagasan film Geng: Pengembaraan Bermula, Upin dan Ipin dibuat oleh Mohd Nizam Abdul Razak, Mohd Safwan Abdul Karim dan Usamah Zaid, para pemilik Les’ Copaque. Ketiganya merupakan bekas mahasiswa dari Multimedia University, Malaysia yang awalnya bekerja sebagai pekerja di sebuah organisasi animasi sebelum akhirnya bertemu dengan bekas pedagang minyak dan gas, Haji Burhanuddin Radzi dan istrinya bernama H. Ainon Ariff pada tahun 2005, lalu membuka organisasi Les’ Copaque.

Sejarah Upin & Ipin
Bosscha: Sejarah Upin & Ipin

Pada awalnya Upin & Ipin ditayangkan khusus untuk menyambut Ramadhan pada tahun 2007 untuk mendidik anak-anak mengenai arti dan kepentingan bulan suci. Kata Safwan, “Kami memulai seri animasi empat menit ini untuk menguji penerimaan pasar lokal serta mengukur bagaimana reaksi pada kemampuan penceritaan kami.” Sambutan meriah terhadap kartun pendek ini mendorong Les’ Copaque agar menerbitkan satu musim lagi menyambut bulan Ramadan yang seterusnya.

Proses animasi Upin & Ipin menggunakan perangkat lunak CGI Autodesk Maya. Di sebuah sidang media perangkat lunak animasi pada tahun 2009, Ketua Perancang Las Copaque, Fuad Md. Din memberitahukan, “Salah satu tujuan kami memilih kartun ini adalah karena dibuatnya amat mudah. Lagipula kami sudah berpengalaman membuatnya sebelum ini.”

Baca Juga:   Pejabat Jerman Tuding AS Rebut Pesanan 200 ribu Masker Miliknya

Mengenai Film “Upin & Ipin Keris Siamang”

Burhanuddin sebagai Direktur Pelaksana Les’ Copaque, menyampaikan bahwa Upin & Ipin Keris Siamang merupakan film layar lebar yang kedua yang pernah mereka buat.

“Film ini merupakan film animasi kedua yang dibuat oleh Les’ Copaque dalam waktu lima tahun. Film ini akan tayang secara resmi di gedung bioskop pada 21 Maret 2019,” ujar Burhanuddin, seperti dikutip dari Antara.

Film Upin dan Ipin Terbaru "Keris Siamang" Segera Tayang di Indonesia
Sumber Gambar: CGV Cinema Indonesia

“Pembuatan film animasi ini untuk meningkatkan film lokal. Kami juga telah melakukan riset dan mengangkat folklore dari masyarakat sehingga nanti kalau ditayangkan akan sebanding dengan film barat,” katanya.

Burhanuddin pun menjelaskan dari segi cerita film ini akan mengangkat kentalnya budaya Melayu sebagai latar belakang cerita. Keris sebagai salah satu senjata khas Melayu dipilih sebagai representasinya dalam film ini. Citranya yang misterius dan pastinya kental dengan intrik, dapat membantu perkembangan cerita film ini untuk menghibur sekaligus mengenalkan budaya Melayu.

Rencananya, film Upin & Ipin The Movie: Keris Siamang ditayangkan di Malaysia sejak 21 Maret 2019 dan menyusul di negara-negara Asia lainnya. Indonesia, Brunei Darussalam, Jepang, Singapura, dan Cina adalah daftar teratas dari negara tujuan penayangan film yang menghabiskan dana lebih dari 68 milyar Rupiah ini.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password