Di Bandung Barat: 1 Petugas KPPS Meninggal dan 41 Jatuh Sakit

Bosscha.id– Pasca pemilu 2019 serentak berakhir, tidak sedikit membuat korban berjatuhan. Seperti Kabupaten Bandung Barat, sebanyak 41 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mengalami sakit dan satu diantaranya meninggal dunia. 

Adapun berdasarkan laporan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat salah seorang korban yang meninggal dunia yakni Tati Nurhayati (55) anggota KPPS di Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat.  Tati diduga, meninggal akibat kelelahan seusai menjalankan tugas penghitungan suara pemilu 17 April 2019.

“Setelah mendengar kabar duka ini, kami akan memberikan santunan kepada korban. Namun belum tahu berapa jumlah santunannya. Sekarang kita masih menunggu KPU pusat yang masih menunggu dari Kemenkeu,” kata Ketua KPU KBB, Adi Nugroho dihubungi, Sabtu (27/4/2019).

1 Petugas KPPS Meninggal, Prosesi pemakaman Tati Nurhayati (55)
Prosesi pemakaman Tati Nurhayati (55) anggota KPPS di Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat yang diduga meninggal arena kelelahan. Foto: IST

Menurut Adi hingga saat ini pihaknya saat ini masih menunggu laporan dari tingkat KPPS. Sebab, dikhawatirkan akan ada jumlah anggota KPPS lainnya yang mengalami sakit.

1 Petugas KPPS Meninggal dan 41 Jatuh Sakit
Bosscha: Kabar Duka dari Pemungutan Suara

 “Jumlahnya belum seluruhnya didata, kami masih terus melakukan pendataan intruksi dari KPU pusat,” kata Adi.

Baca Juga:   Digelar di Tengah Pandemi Covid-19, Tes SKB CPNS di Bandung Barat Berjalan Sukses

Berdasarkan dari data KPU pusat, saat ini jumlah petugas KPPS yang meninggal berjumlah 272 orang. 

“Jumlah bertambah, anggota wafat 272 dan sakit 1.878,” ujar komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik, dikutip Detik.com, Sabtu (27/4/2019).

Menurut Evi, jumlah ini terus meningkat dikarenakan banyaknya jumlah yang sebelumnya belum dilaporkan. Evi mengatakan pihaknya saat ini masih menunggu laporan dari tingkat KPPS. 

“Mungkin karena sebelumnya belum dilaporkan, kan semua sedang sibuk menjalankan tahapan. Proses situng juga kan menjadi perhatian semua penyelenggara di semua tingkatan. Tentu prinsipnya menunggu laporan,” kata Evi.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password