Puasa Sebentar Lagi! Yuk Berburu Tanaman Hias di Cihideung Bandung Barat

Bosscha: Wisata Tanaman Hias di Cihideung, Bandung Barat

Bosscha.id – Datangnya bulan suci Ramadhan biasanya memberikan berkah tersendiri bagi para penjual bunga. Tidak jarang momentum datangnya bulan Ramadhan tidak disia-siakan oleh para penjual bunga. Terlebih pembelinya meningkat dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

Jika Anda berencana akan membeli bunga untuk bulan suci nanti, Di Kabupaten Bandung Barat, di Daerah Cihideung Kabupaten Bandung Barat terdapat sentra tanaman hias yang bisa menjadi destinasi wisata Anda.

Bagi para peminat dan pebisnis tanaman hias di Jawa Barat khususnya dan Indonesia umumnya, Cihideung tentu bukan nama asing. Bukan hanya menarik sebagai tempat belanja aneka bunga dan tanaman hias, Cihideung juga cocok dijadikan tempat berwisata.

Udaranya yang bersih dan sejuk serta panoramanya yang indah bisa menetralisir kepenatan pikiran dari hiruk-pikuk kehidupan kota. Para pembeli atau wisatawan yang datang ke Cihideung berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan sesekali ada juga yang berasal dari luar negeri.

Pemandangan di Cihideung
Pemandangan di Cihideung, Sumber Foto: Net

Cihideung sendiri berasal dari dua kata bahasa Sunda yaitu ci (berasal dari kata cai atau dalam bahasa Indonesia berarti air) dan hideung (dalam bahasa Indonesia berarti hitam).

Sentra Tanaman Hias di Cihideung: Sejarah Singkat

Tanaman hias mulai masuk di kawasan Cihideung sejak masa kolonial Belanda, tepatnya pada tahun 1920-an. Sebagian wilayah Cihideung waktu itu merupakan area perkebunan yang ditinggali oleh beberapa orang Belanda.

Orang-orang Belanda inilah yang mulanya membawa tanaman hias ke Cihideung untuk memperindah rumahnya. Mereka menanam tanaman hias di pekarangan atau menaruhnya di teras rumah.

Berburu Tanaman Hias di Cihideung, infografis
Bosscha: Infografis Sentra Tanaman Hias di Cihideung

Perkembangan pesat pertanian tanaman hias di Cihideung di akhir tahun 80-an dan 90-an tak lepas dari faktor pembangunan jalan permanen (aspal) yang menghubungkan kawasan Cihideung dengan kota Bandung. Jalan ini dibangun pada tahun 80-an.

Kini jalan itu dikenal dengan Jalan Terusan Sersan Bajuri. Pembangunan jalan ini telah meningkatkan kunjungan masyarakat dari daerah lain ke Cihideung dan pada gilirannya meningkatkan nilai transaksi jual beli tanaman hias di Cihideung.

Penjual Tanaman Hias di Cihideung
Penjual Tanaman Hias di Cihideung, Sumber Foto: Net

Seiring perkembangan teknologi dan informasi petani mulai beradaptasi. Sekarang selain tanaman hias, beberapa tanaman untuk kebutuhan konsumsi juga dibudidayakan secara intensif di daerah ini. Beberapa di antaranya adalah cabai paprika, kentang, buncis, kol, dan tomat.

Baca Juga:   Hore, Paket Bansos Beras Tahap 2 di KBB Mulai Disalurkan Hari Ini

Hasilnya pun cukup lumayan, bahkan cabai paprika sudah diekspor ke Singapura dan Taiwan. Hal itu membuktikan Sentra Bunga Cihideung sebenarnya memiliki potensi besar selain hanya sekadar menjadi pasar bunga, yaitu jadi daerah wisata bunga dan tanaman terpadu.

Rute Menuju Cihideung

Dari Pusat Kota untuk menuju ke Cihideung routenya melalui Jl. Setia Budi, Leideng kemudian belok kiri ke Jl. Sersan Bajuri. Tidak jauh dari itu sudah nampak sentra penjualan tanaman dan bunga. Terletak disisi kiri dan kanan jalan.

Terdapat sekira ratusan pengrajin tanaman hijau, tanaman hias dan tanaman berbunga yang siap dijual. Pada setiap hari Sabtu dan Minggu, sepanjang Jl. Sersan Bajuri hingga ke Cihideung ramai dikunjungi  wisatawan.

Sentra tanaman hias Cihideung sudah memadai sebagai kawasan wisata, ini terbukti dengan adanya beberapa sarana sebagai penunjang daerah wisata seperti penginapan misalnya, banyak tersedia di sekitar Sentra Tanaman Hias Cihideung. Tidak jauh dari daerah berhawa sejuk ini terdapat beberapa vila yang bisa disewakan.

Kompleks hunian berbukit-bukit ini terletak sangat dekat dengan Desa Cihideung, hanya sekitar sepuluh menit perjalanan menggunakan mobil. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati berbagai obyek wisata di sekitar kawasan Cihideung, seperti Jendela Alam Cihideung, Graha Puspa dan Kampung Daun.

Selain fasilitas penginapan, di sekitar Desa Cihideung juga terdapat beberapa rumah makan dan restoran yang menyajikan berbagai menu masakan, mulai dari masakan tradisional Jawa Barat hingga masakan internasional.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password