Pesona, Mitos dan Kabar Gembira dari Maribaya Hari Ini

Pesona, Mitos dan Kabar Gembira dari Maribaya Hari Ini
Bosscha: Air Terjun di Maribaya

Bosscha.id – Kabupaten Bandung Barat memang tidak bisa dipisahkan dari pariwisata yang berlimpah. Keaneka ragaman tempat wisata di Kabupaten Bandung Barat mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata kuliner, wisata desa dan sebagainya, tak terkecuali Wisata Alam Maribaya yang terletak di Kampung Cikondang Lamajang Pangalengan, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Maribaya merupakan tempat wisata alam yang di dalamnya terdapat sebuah air terjun yang juga menyandang nama yang sama. Wisata Alam Maribaya ini masih termasuk ke dalam bagian Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Keindahan alam yang sangat apik menjadi Wisata Alam Maribaya tak pernah sepi dikunjungi para wisatawan. Udara yang sejuk khas pegunungan, hijaunya alam sekitar ditambah dengan spot-spot yang semakin menjadikan Maribaya patut dijadikan destinasi wisata selanjutnya.

maribaya
Sumber Foto: Net

Lepas dari keindahan dan kesejukan alamnya, Maribaya juga tak gepas dari Sejarah dan mitos-mitos dibaliknya, redaksi bosscha.id merangkumnya, berikut rangkumannya:

Sejarah Maribaya Bandung 

Legenda Maribaya ini sangat unik dan menarik. Konon katanya Maribaya berasal dari bahasa Sunda yaitu kata “mari” yang artinya sehat, dan “baya” yang artinya bahagia. Disuatu perkampungan kecil yang berada Dikaki Gunung Masigit ada seorang petani miskin yang bernama Eyang Raksa Dinata.

Ia mempunyai anak gadis yang sangat cantik dan menjadi primadona kaum lelaki. Anak tersebut bernama Maribaya. Melihat kecantikannya yang tiada tandingan, Sang Ayah khawatir kelak dia akan menjadi rebutan para lelaki di daerah tersebut yang kemudian akan mencelakai putrinya.

Oleh karena itu, ia pun pergi ke Tangkuban Perahu untuk melakukan pertapaan. Akhirnya ia didatangi oleh kakek tua sembari memberikan 2 bokor air yang harus ditumpahkan ke arah barat dan ke arah timur. Sang Ayah pun meminta kepada Maribaya untuk menumpahkan air tersebut tidak jauh dari rumahnya.

Beberapa hari kemudian, terjadilah keajaiban dimana tumpahan air tersebut berubah menjadi mata air panas yang mengandung belerang. Konon katanya air panas itu dapat menyembuhkan segala macam penyakit.

permandian maribaya
sumber foto: Net

Permandian tersebut mulai dikembangkan oleh Eyang Raksa Dinata sejak sekitar tahun 1835. Tampat ini sangat ramai dikunjungi oleh penduduk sekitar dan setelah berendam, mereka akan melemparkan uang logam ke kolam tersebut sebagai bentuk imbalan. Kehidupan Eyang pun berubah menjadi bergelimangan harta.

Kolam air panas tersebut akhirnya diwariskan kepada Maribaya, sehingga daerah ini dinamakan Maribaya.

Mitos Masyarakat Tentang Maribaya Bandung

Hampir disetiap Tempatnya wisata, pasti menyimpan cerita atau mitos, tak terkecuali kawasan wisata Maribaya. Beberapa mitos yang menyelimuti kawasan Maribaya diantaranya:

Baca Juga:   3 Bocah Viral di RSUD Cililin KBB Akhirnya Diisolasi dan Satu Diantaranya Dinyatakan Positif Corona
Pesona, Mitos dan Kabar Gembira dari Maribaya Hari Ini
Sumber Foto: Net

1. Ketika berkunjung ke tempat ini, sebaiknya kamu tidak memakai baju merah karena menurut mitos, jika seseorang memakai baju merah, dia akan mengalami kecelakaan.

2. Jangan membunyikan alat-alat music seperti gong dan suling. Konon katanya jika kamu memukul gong atau meniup suling maka hujan akan turun.

3. jangan memakan cabe terlalu pedas, karena akan keluar keringat banyak. 

Wisata Alam Sekaligus Wisata Sejarah

Gua Belanda dan Gua Jepang merupakan peninggalan sejarah yang dibangun pada tahun 1921 di sisi aliran sungai Cikapundung. Bobolan bukit tersebut dijadikan sebagai saluran penyadapan air dan pembangkit tenaga listrik. Belanda juga sempat menggunakan gua ini sebagai Pusat Telekomunikasi Militer Hindia-Belanda. Jika ingin menembus gua tersebut, kamu sebaiknya menggunakan penerangan yang cukup sehingga pemandangannya bisa kamu nikmati dengan sempurna.

Kabar Gembira Untuk Warga KBB Dari Maribaya

lodge maribaya gratis
Sumber Gambar: The Lodge Maribaya

Jumat tanggal 26 April 2019 ini, kabar gembira untuk warga Kabupaten Bandung Barat, dalam rangka ulang tahun ke 3 The Lodge Maribaya Saut ini hanya dengan menunjukan KTP kalian bisa gratis masuk ke kawasan wisata. Inget hanya untuk warga yang tercatat di KTP nya berdomisili di Kabupaten Bandung Barat

Lokasi Maribaya Bandung

Permandian Air panas yang kini dikenal air terjun Maribaya terletak di jalan Maribaya, Lembang, Jawa Barat. Lokasinya hanya berjarak sekitar 15 km dari Kota Bandung. Ketinggiannya mencapai 120 m. Wisata ini memiliki suhu yang sangat sejuk dan termasuk kawasan Taman Hutan Raya Djuanda. Teak heran jika tempat ini merupakan surga wisata yang cocok untuk kamu jadikan tempat liburan.

Air terjun tersebut dapat kamu akses dengan menggunakan transportasi umum dengan jarak 5 km, maka kamu akan tiba di Jembatan Maribaya. Tetapi jika kamu menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta bisa menggunakan rute Cikampek-Cipularang keluar di Sadang-Subang-Ciater-Lembang. Jalan menuju lokasi pun sudah beraspal sehingga kamu bisa menikmati perjalanan dengan nyaman sembari dimanjakan oleh hamparan kebun teh yang berada di sekitarnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password