Desamart Program Menghidupkan Ekonomi Desa di Bandung Barat

Desamart Program Menghidupkan Ekonomi Desa di Bandung Barat
Bosscha: Desa Berani Bersaing Melalui Desamart

Bosscha.id– Pemerintah Kabupaten Bandung Barat berencana akan mendirikan 160 Desamart di Kabupaten Bandung Barat pada tahun ini. Desamart didirikan sebagai cara untuk meningkatkan roda ekonomi desa melalui pemberdayaan BUMdes.

“Ini program untuk 2020. Kami harapkan 160 desa bisa dibangun desamart. Tentunya, agar ekonomi di desa meningkat,” kata Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna belum lama ini.

Menurut Umbara, lantaran desamart memiliki potensi dalam mendongkrak ekonomi masyarakat desa, sehingga Pemkab Bandung Barat pun akan mendorong dari segi anggaran. Pemkab Bandung Barat, kata Bupati, akan mengalokasikan anggaran dari APBD.

“Desamart akan kami modali.Termasuk untuk pembangunan toko dan pembelian barang. Insyaallah 165 desamart bisa terwujud pada 2020 nanti,” ungkapnya.

Desa Berani Bersaing melalui Desamart
Bosscha: Desa Berani Bersaing melalui Desamart

Sementara itu, Wakil Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan mendorong generasi milineal di setiap desa bisa berkontribusi dalam pembangunan di KBB. Para generasi milienal di desa diharapkan bisa ikut memberikan ide, kreatifitas serta inovasi untuk kemajuan Bandung Barat.

“Karena dalam pembangunan tidak bisa ditangani oleh pemerintah saja, tetapi harus ada peran serta dari seluruh elemen, termasuk generasi muda. Maka dari itu, saya berharap generasi millenial Bandung Barat bisa turut berkontribusi dalam pembangunan,” kata Hengky.

Program Inovasi Desa

Desa di Kabupaten Bandung Barat juga saat ini didorong agar memiliki program inovasi. Hal itu dilakukan lantaran desa memiliki peran penting dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di pedesaan.

“Mulai dari sistem dan segala bentuk ekonomi desa, itu harus bisa dikembangkan dengan baik. Karenanya setiap desa harus memiliki program inovasi desa,”  kata Kepala Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Potensi Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bandung Barat Deni Ahmad.

Baca Juga:   Lima Strategi Pembangunan Era Aa Umbara dan Hengki Kurniawan

Menurut Deni, tujuan dibangunnya desamart di Bandung Barat itu juga merupakan bagian dari pemasaran promosi dan inovasi desa. Apalagi, desamart bisa digunakan sebagai media promosi Usaha Kecil Menengah (UKM) dari hasil produk unggulan di masing-masing kawasan pedesaan.

deni ahmad, Kepala Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Potensi Desa
Bosscha: Desa Berani Bersaing melalui Desamart

“Beberapa desa memang sedang fokus pada pembangunan sarana dan prasarana di desa. Walaupun begitu, sudah 10 desa yang konsisten membangun desamart,” ungkapnya.

Jika sudah berdiri, menurut Deni desamart akan memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan ritel lainnya. Desamart bisa langsung melayani masyarakat.

“Nanti desamart juga bisa digunakan untuk pelayanan pembayaran PKH dan bantuan BPMT. Selain itu, desamart juga bisa melayani kelompok simpan pinjam perempuan,” ungkapnya.

Deni menambahkan, apabila program tersebut bisa berjalan di masing-masing desa, maka dana desa yang hampir mencapai Rp 2 miliar tersebut tidak akan habis begitu saja.

“Meski keputusan ada di pihak desa, namun kami ingin endingnya dana desa bisa berkontribusi untuk mengembankan inovasi desa. Sehingga harapan kami, fungsi desamart sebagai promosi, akses keuangan masyarakat dan edukasi bagi bisnis pemula, mampu menciptakan kemajuan ekonomi desa,” katanya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password