Selain Wajit, Cililin Menawarkan Sensasi Makan Ikan Bakar di Waduk Saguling

Sensasi Makan Ikan Bakar di Waduk Saguling
Bosscha: Saung Apung Napak Sancang, Kab. Bandung Barat

Bosscha.id – Selain terkenal dengan makanan khas Wajit, Cililin juga menawarkan sensasi makan ikan bakar di Waduk Saguling yang sayang jika dilewatkan.

Wisata kuliner yang tak kalah nikmat dan asri dengan lokasi wisata di kawasan Lembang, Salah satu daya tarik nya adalah menu ikan yang bisa langsung di santap di atas rumah makan terapung.

Makan Ikan Bakar di Waduk Saguling

Bila anda ingin melepaskan rasa penat sekaligus menikmati sajian kuliner sehat, anda bisa coba menyambangi kawasan Desa Rancapanggung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Pengunjung bisa merasakan sensasi menyantap kuliner khas Danau Saguling, yakni ikan bakar Ciminyak. Hidangan ini disajikan dengan ikan segar. Pemilik rumah makan mengambil ikan gurame atau nila langsung dari keramba apung.

kolam apung di waduk cililin
Summer Foto: Net

Yang menjadikan istimewa lokasi ini adalah view yang berbeda dengan tempat kuliner lainnya, dimana terdapat genangan waduk Saguling, sehingga ketika makan di tempat tersebut serasa makan di pinggir danau besar. Terlebih ketika sore hari menjelang matahari terbenam, suasana yang ditimbulkan cukup indah. Namun, untuk bisa suasana tersebut, pilihan waktu haruslah tepat. Pasalnya, genangan waduk saguling tidak sepanjang tahun menggenangi sampai di Jembatan Ciminyak. Selain mempunyai pemandangan yang bagus, harga makanan di deretan rumah makan jembatan Ciminyak juga tidak terlalu mahal.

Saung Apung Napak Sancang

Kolam Apung Napak Sancang atau sering disebut Floating Resto yang buka dari pukul 08.30 – 21.00. Restorannya terapung di Waduk Saguling. Saung-saung yang terbuat dari bambu dan meja tampak menghiasi restoran tersebut dimana pengunjung bisa Santai lesehan.

Uniknya di antara restoran tersebut terdapat kolam apung yang berisi ikan-ikan yang bisa dipancing. Tentusa saja ikan hasil pancingan harus dibayar sesuai beratnya. Bagi yang tidak hobi memancing bisa menyaksikan ikan-ikan di kolam untuk sekadar mengusir penat setelah bekerja seharian. Ikannya warna-warni sangat jelas terlihat di air yang jernih.

Nasi Liwet dalam Kastrol, Ikan Bakar di Waduk Saguling
Bosscha: Nasi Liwet dalam Kastrol di Saung Apung Napak Sancang, Kab. Bandung Barat

Menu Liwet dalam Kastrol

Salah satu menu andalan Saung Apung Sancang adalah nasi liwet di Kolam Apung Napak Sancang disajikan dalam kastrol. Adapun lauknya bisa ayam goreng atau ikan tawar goreng. Di sini juga disediakan lalapan dan sambal. Untuk minumnya selain teh hangat, pengunjung bisa memesan kelapa muda yang airnya bisa diminum dari kelapanya.

Akses Menuju Lokasi

Lokasi Kolam Apung Napak Sancang bagi yang menggunakan kendaraan roda empat bisa diakses dari Bandung lewat tol Padaleunyi. Dari gerbang tol Padalarang, kendaraan diarahkan ke Cimareme, kemudian ke arah Batujajar. Setelah menemukan Pasar Cihampelas lanjut ke Sayuran, Desa Mekar Mukti, Kecamatan Cihampelas. Restoran tersebut berada di ujung jalan ke Sayuran.

Lokasi Kolam Apung Napak Sancang Cililin
Bosscha: Peta Menuju Lokasi Saung Apung Napak Sancang

Akses lainnya bisa ditempuh melalui Cimahi. Jalur ini pun bisa digunakan oleh pengendara sepeda motor. Dari Cimahi bisa lengsung ke Leuwigajah, Margaasih, Cililin, dan langsung ke Sayuran tempat Saung Apung Napak Sancang berada. 

Jadi jika anda yang sedang berada di Bandung atau kebetulan lewat Cililin, jangan lewatkan sensasi makan ikan bakar di Waduk Saguling sambil menikmati pemandangannya yang indah.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password