Rilis Menangkan Jokowi, Enam Lembaga Survei Ini Dilaporkan Polisi

Enam Lembaga Survei Ini Dilaporkan Polisi
Bosscha: Quick Count 5 Lembaga Survei Independen

Bosscha.id – Panasnya Suasana selepas pencoblosan hari Rabu (17/09/2019) masih terasa, berbagai lembaga survei mulai mempublikasikan hitungannya pada pukul 15.00 WIB karena pemungutan suara ditutup pada pukul 13.00 WIB. Perlu menjadi catatan bahwa hasil dari lembaga survei independen bukan hasil resmi Pemilu, Kepastian hasil Pilpres 2019 masih harus menunggu hasil penghitungan suara manual yang dilakukan oleh KPU RI.

Meski demikian, sejumlah lembaga survei, Rabu (17/4/2019) sudah merilis survei hasil quick count Pilpres 2019, dimana semuanya menyatakan pasangan Capres dan Cawapres Jokowi-Maruf Amin sementara unggul atas pasangan Prabowo-Sandi.

Dengan kondisi tersebut, Koalisi Aktivis Masyarakat Anti Korupsi dan Hoaks (KAMAKH) melaporkan enam lembaga survei ke Bareskrim Polri atas dugaan melakukan kebohongan publik.

Dilansir dari CNN Indonesia Kamis (18/4/2019), keenam lembaga survei yang dilaporkan tersebut adalah Indo Barometer, Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Charta Politika, Poltracking, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), serta Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem).

“Hasil survei ini jelas-jelas membingungkan masyarakat kita, kalau kita berpatokan kepada quick count, kebenarannya itu belum bisa dipertanggungjawabkan secara penuh. Padahal data KPU bilang mereka mendapatkan ribuan TPS memenangkan Prabowo dengan persentase 56 persen tadi malam,” tuturnya, di Bareskrim Polri.

Infografis Quick Count 5 Lembaga Survei Independen
Bosscha: Infografis Quick Count 5 Lembaga Survei Independen

Sebelumnya Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto mengklaim dirinya menang meski berbagai survei menunjukan rivalnya unggul.

Baca Juga:   Breaking News: Glenn Fredly Meninggal Dunia

Klaim kemenangan pasangan Prabowo-Sandi tersebut berdasarkan hasil Exit Poll yang dilakukan internal, yakni Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga Uno di 5000 tempat pemungutan suara (TPS).

“Kemenangan ini berdasarkan perhitungan real count yang telah kami rekapitulasi, kami mendapat lebih dari 62%. Kemenangan ini kami deklarasikan secara lebih cepat karena kami punya bukti-bukti, usaha-usaha dengan berbagai ragam kecurangan di berbagai kabupaten/kota seluruh Indonesia,” kata Prabowo. 

Berdasarkan hasil quick count sejumlah lembaga survei menyatakan dia dan Cawapres Maruf Amin menang, Jokowi sendiri masih ingin menunggu hasil perhitungan resmi yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Kemarin saya belum bisa berkomentar karena angkanya masih kecil, sekarang quick count semuanya sudah 100 persen, jadi kita tanggapi,” kata Jokowi saat konferensi pers 18 April 2019.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password