Tak Hanya Bikin Mabuk, Bir Juga Bisa Bermanfaat Bagi Kesehatan

Tak Hanya Bikin Mabuk, Bir Juga Bisa Bermanfaat Bagi Kesehatan 19

Bosscha.id-Bir yang tergolong minuman keras yang termasuk dalam golongan A dengan kadar mulai dari 4 sampai paling tinggi 6 persen. Bir dibuat dari hasil fermentasi biji-bijian, misalnya gandum, beras, jagung, sorgum dan sebagainya. Proses fermentasi untuk membuat bir disebut brewing.

Kendati demikian, karena bir adalah minuman hasil fermentasi, mengonsumsinya secara berlebihan dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Seperti dimuat Livestrong, konsumsi alkohol merupakan penyebab utama kanker hati, catat National Cancer Institute. Alkohol juga dapat menyebabkan kerusakan DNA melalui oksidasi dan dengan menghambat kemampuan tubuh menyerap nutrisi.

Walaupun tergolong miniman beralkohol namun sejumlah penelitian menyimpulkan, mengonsumsi bir antara satu dan dua gelas kecil per hari selama satu sampai dua hari per minggu tidak terlihat dampaknya pada kesehatan. 

Tak Hanya Bikin Mabuk, Bir Juga Bisa Bermanfaat Bagi Kesehatan 20
Bosscha: Infografis Manfaat Bir Bagi Kesehatan

Para peneliti membatasi untuk minum bir dua gelas sehari, supaya bisa mendapatkan manfaatnya. Penasaran apa saja manfaat minum bir dengan porsi yang tepat? 

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Tak Hanya Bikin Mabuk, Bir Juga Bisa Bermanfaat Bagi Kesehatan 21
Sumber Gambar: Net

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa bir memiliki kandungan silikon bioavailableyang tinggi mampu mencegah osteoporosis. Hal ini membantu menghubungkan otot dan jaringan tulang untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang. 

Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Tak Hanya Bikin Mabuk, Bir Juga Bisa Bermanfaat Bagi Kesehatan 22
Sumber Foto: Net

Menurut Harvard University , lebih dari 100 penelitian telah menemukan hubungan antara konsumsi bir dan rendahnya resiko serangan jantung sebesar 25 sampai 40 persen. Jika kadar homosisteinnya rendah, maka seseorang itu lebih berpeluang untuk terhindar dari penyakit jantung. Minum segelas bir per hari juga dapat mengurangi pembekuan darah, hal itu sangat baik untuk seseorang yang menderita penyakit jantung untuk hidup lebih lama.

Baca Juga:   Sejarah 22 Agustus : Dibentuknya Badan Keamanan Rakyat (BKR)

Memelihara Sistem Kekebalan Tubuh

Tak Hanya Bikin Mabuk, Bir Juga Bisa Bermanfaat Bagi Kesehatan 23
Sumber Gambar: Net

Bir yang berbahan dasar gandum ini mengandung zat antioksida yang berfungsi melindungi sel dari kerusakan. Selain itu, bir dikenal anti-mikroba berkat hop bunga pahit yang digunakan dalam pembuatan bir. Hal ini membantu peminum bir melawan penyakit dan juga mengembangkan sistem kekebalan tubuh yang baik.

Menurunkan Resiko Diabetes

Tak Hanya Bikin Mabuk, Bir Juga Bisa Bermanfaat Bagi Kesehatan 24
Sumber Foto: Net

Dalam studi perbandingan, konsumsi alkohol dikaitkan dengan rendahnya risiko diabetes tipe 2. Berdasarkan penelitian di Universite Catholique de Louvain di Brussels, Belgia, menemukan senyawa yang disebut tetrahydro iso-asam alfa. Senyawa ini dapat mengurangi insulin dalam darah.J

Menurunkan Kadar Kolesterol 

Tak Hanya Bikin Mabuk, Bir Juga Bisa Bermanfaat Bagi Kesehatan 25
Sumber Gambar: Net

Para ilmuwan telah menemukan bahwa konsumsi bir berkontribusi terhadap peningkatan kolesterol HDL yang sehat dalam tubuh. Dua bir sehari bisa memberi efek positif pada kadar kolesterol.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password