Ini Bedanya Quick Count, Real Count, dan Exit Poll di Pilpres

Ini Bedanya Quick Count, Real Count, dan Exit Poll di Pilpres 19
Bosscha: Bedanya Quick Count, Real Count dan Exit Poll

Bosscha.id – Hari ini pesta demokrasi berlangsung, salah satu aspek paling penting dalam Pemilu adalah perhitungan suara. Sebagai faktor penentu, perhitungan suara secara resmi dilakukan oleh KPU namun karena prosesnya berjenjang dari tingkat TPS hingga tingkat nasional dipastikan memakan waktu, itulah yang memicu berbagai lembaga survei independen dengan metode yang sering kita dengar istilahnya seperti quick count, real count dan exit poll. Apa sih bedanya?

Quick Count

Quick count adalah perhitungan secara cepat hasil pemilihan umum atau pemilihan kepala daerah dengan menggunakan TPS (Tempat Pemungutan Suara) sampel. Dengan quick count, hasil perhitungan suara bisa diketahui dua sampai tiga jam setelah perhitungan suara di TPS ditutup.

Quick count sendiri dilakukan oleh lembaga atau individu yang memiliki kepentingan terhadap proses dan hasil pemilu. Tujuan dan manfaat dari hitung cepat adalah agar pihak-pihak yang berkepentingan memiliki data pembanding yang dapat digunakan untuk mendeteksi adanya kemungkinan kecurangan yang terjadi pada proses tabulasi suara.

Aspek paling penting dalam quick count adalah penarikan sampel TPS. Apabila TPS yang diambil tidak representative, maka dapat dipastikan prediksi quick count akan gagal dalam memprediksi perolehan suara sesungguhnya dalam Pemilu. Yang mana Unit analisis (pengamatan) quick count adalah TPS.

Infografis Bedanya Quick Count, Real Count, dan Exit Poll di Pilpres
Bosscha: Infografis Bedanya Quick Count, Real Count dan Exit Poll

Dengan hitung cepat, hasil pemilu dapat diketahui dengan cepat pada hari yang sama ketika pemilu diadakan. Jauh lebih cepat dibandingkan hasil resmi yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang memakan waktu sekitar dua minggu.

Baca Juga:   Anda Insomnia? Inilah 5 Tips Mencegahnya

Real Count

Real count atau hitung sesungguhnya menampilkan hasil perhitungan seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Indonesia yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Meski data yang ditampilkan adalah hasil hitung sesungguhnya, namun hasil real count tidak bisa diketahui dengan cepat. Penghitungannya bisa memakan waktu berhari-hari.

Exit Poll

Berbeda Dengan dua metode sebelumnya, Exit poll adalah survei yang digelar di hari pemungutan suara dan dilakukan segera setelah pemilih meninggalkan tempat pemungutan suara (TPS). Metode yang digunakan adalah dengan bertanya langsung pada pemilih yang sudah selesai mencoblos.

Bedanya Quick Count dengan Exit Poll

Perbedaan dengan quick count adalah dalam exit poll, kemungkinan tidak semua pemilih dalam TPS tersebut dijadikan sampel. Sementara dalam QC, semua pemilih dalam TPS otomatis menjadi responden, karena pilihan mereka tertulis dalam tabel rekapitulasi suara TPS dan dijadikan data sampel. Dengan demikian otomatis akurasi QC lebih baik dari Exit Poll

Nah sudah tahu kan apa Bedanya Quick Count, Real Count, dan Exit Poll di Pilpres? Jadi tidak usah panik.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password