Situ Ciburuy: Diantara Sejarah, Mitos dan Nining Meida

Situ Ciburuy: Diantara Sejarah, Mitos dan Nining Meida 19
Bosscha: Situ Ciburuy Kabupaten Bandung Barat

Bosscha.id – Salah satu wisata air yang populer di Jawa Barat adalah Situ Ciburuy. Situ atau danau ini terletak di Desa Pamalayan, Kecamatan Bayongbong, Padalarang, Kab Bandung Barat sekitar 25 km dari pusat Kota Kembang.

Nama Situ Ciburuy melekat erat dengan penggalan lirik “Situ Ciburuy…Laukna Hese DIpancing” (Situ Ciburuy Ikannya Susah dipancing) yang diambil dari lagu “Bubuy Bulan” yang dipopulerkan Nining Meida, salah satu maestro pop sunda.

perahu di situ ciburuy
Sumber Foto: Net

Situ Ciburuy ternyata bukan hanya tempat wisata air, tapi dibalik itu terdapat cerita Bahwa Situ Ciburuy merupakan situs peninggalan zaman Prabu Siliwangi yang kemudian dilanjutkan oleh anaknya yaitu Prabu Kian Santang.

Pada zaman dahulu tempat ini oleh Prabu Kian Santang digunakan sebagai arena pertarungan dengan jawara-jawara di Pulau Jawa.

Sejarah Situ Ciburuy

Situ Ciburuy pada mulanya adalah dua buah sungai kecil yang ujungnya bertemu di Desa Ciburuy. Tahun 1918, lokasi pertemuan kedua sungai itu dibendung. Lalu airnya diatur untuk mengairi sawah-sawah desa.

Lama kelamaan, bendungan ini airnya makin tinggi dan menggenangi wilayah seluas 14.76 ha. Tapi tanah tertinggi di tengah-tengah danau tidak tergenang, yang kemudian membentuk sebuah pulau mungil. Mayarakat setempat lantas memberinya nama Situ Ciburuy. Situ artinya danau, sedangkan Ciburuy adalah nama Desa.

aitu ciburuy ramai dikunjungi
Sumber Foto: Net

Peninggalan sejarah yang terdapat di Situs Ciburuy ini antara lain keris, bende (Ionceng yang terbuat dari perunggu), kujang (senjata Prabu Siliwangi), trisula, tombak, dan tulisan Jawa Kuno yang ditulis Prabu Kian Santang di atas daun nipah dan daun lontar.

infografis seputar Situ Ciburuy: Diantara Sejarah, Mitos dan Nining Meida
Infografis seputar Situ Ciburuy: Diantara Sejarah, Mitos dan Nining Meida

Mitos mengenai Situ Ciburuy

Hingga kini sebagian masyarakat masih percaya bahwa ikan-ikan di situ memang sulit dipancing, terutama oleh warga pendatang atau wisatawan. Ikan di Situ Ciburuy hanya bisa didapat oleh warga pribumi yang mewarisi ilmu menangkap ikan dari nenek moyang. Seperti diabadikan dalam sebuah lagu sunda dengan liriknya, “Situ Ciburuy, lauk na hese dipancing.”

Baca Juga:   Bandung Barat Kekurangan Pustakawan

Bagi mereka yang berpasangan, terdapat pantangan untuk mengunjungi situ tersebut, terutama pada hari Jumat dan Sabtu. Konon, bagi mereka yang keukeuh kesana, apabila melanggar pantangan ini diyakini akan membuat hubungan terganggu, meski tidak jelas jenis gangguannya.

Dengan sejumlah keyakinan yang tumbuh di sekitar Situ Ciburuy, tidak heran jika masyarakat sekitar danau ini begitu menghormati Situ Ciburuy. Tiap 1 Muharam atau Tahun Baru Islam masyarakat sekitar rutin mengadakan upacara atau tradisi yang diiringi pertunjukkan kesenian tradisional Sunda seperti ronggeng, wayang golek, pencak silat dan lainnya.

Tahun 2019 Situ Ciburuy Bersolek

Pada 2019 ini Situ Ciburuy akan segera ditata. Hal itu tidak terlepas dari Pemerintah Kabupaten Bandung Barat menerima bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) sebesar Rp. 30 miliar untuk penataan situ yang terkenal dengan ikannya sulit dipancing tersebut.

“Insya Alloh pelaksanaannya akan segera dilakukan dibulan ini. Sekarang konsultannya sudah ada dan anggarannya sudah tersedia,” kata Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna ketika meninjau langsung kondisi Situ Ciburuy, Selasa (8/1/2019).

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna meninjau kondisi Situ Ciburuy
Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, saat meninjau kondisi Situ Ciburuy Selasa (8/1/2019).


Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password