Ini Daftar Daerah Rawan Bencana Tertinggi di Bandung Barat

Ini Daftar Daerah Rawan Bencana Tertinggi di Bandung Barat

Bosscha.id – Ancaman bencana tanah longsor masih mendominasi kejadian bencana di Kabupaten Bandung Barat. Potensi ancaman terbesar berada di wilayah selatan meliputi Kecamatan Cililin, Sindangkerta, Cipongkor, Saguling, Gununghalu dan Rongga.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat memetakan wilayah selatan sebagai salah satu zona yang perlu diwaspadai karena rawan akan terjadinya bencana.

“Wilayah selatan memang rawan akan bencana. Bencana yang sering terjadi di sejumlah kecamatan tersebut berupa longsor dan pergeseran tanah. Sedangkan faktor penyebabnya karena kondisi geografis dan juga kontur tanah,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik KBB Dicky Maulana, Senin (15/4/2019).

Kendati demikian, menurut Diky tidak menutup kemungkinan di wilayah utara, seperti di , Parongpong, Cisarua, dan Lembang pun rawan bencana.

“Tetapi tingkat kerawanannya tidak besar seperti di wilayah selatan. Khusus musim hujan ini, kami mengingatkan warga di semua wilayah agar mewaspadai bencana longsor, banjir, angin puting beliung,” ungkapnya.

Daftar Daerah Rawan Bencana Tertinggi di Bandung Barat
Bosscha: Infografis Daftar Daerah Rawan Bencana Tertinggi di Bandung Barat

Menurut Diky, saat ini BPBD gencar melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat, agar lebih waspada terhadap berbagai kemungkinan terjadinya bencana. Apalagi, selama ini banyak masyarakat di KBB tinggal di daerah rawan bencana.

Baca Juga:   Ridwan Kamil: Pemekaran Provinsi Tak Relevan

Selain itu, lantaran mayoritas masyarakat berada di zona merah itu, BPBD sebelumnya mengeluarkan peringatan kewaspadaan bencana alam di seluruh kecamatan.

“Apalagi menjelang akhir tahun ini sudah dimulainya musim hujan. Sehingga kami meminta warga setempat agar waspada menyikapi musim hujan ini,” terangnya.**

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password