Pastikan Hak Suaramu Terpakai! Inilah Tata cara Pencoblosan Pemilu 2019

Pastikan Hak Suaramu Terpakai! Inilah Tata cara Pencoblosan Pemilu 2019 18
Bosscha : Tatacara Pencoblosan Pemilu 2019

Bosscha.id-Pemilu 2019 yang sebentar lagi akan dilaksanakan pada 17 April 2019 mendatang adalah pertama kalinya Indonesia menggelar pemilihan presiden dan pemilihan anggota legislatif secara serentak. Sebagai pemilih, Anda perlu tahu tata cara pencoblosan saat pemilihan nanti karena ada sedikit perbedaan tata cara pencoblosan dibanding pemilu sebelum-sebelumnya.

Terhitung dari hari Sabtu ini (12/4/2019), masih ada waktu sekitar 4 hari lagi untuk mempelajari tata caranya, yuk, agar kita bisa memastikan kalau hak suara kita terpakai dengan tepat saat Pemilu nanti!

Pastikan Nama Anda Terdaftar

Syarat masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) adalah: Warga Negara Indonesia (WNI), berusia 17 tahun atau lebih saat memilih, dan pernah ataupun sudah menikah. Jika sudah memenuhi ketiganya, Periksa nama dan lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mencoblos.

Jangan Lupa Isi Daftar Hadir

Sebelum datang ke TPS yang telah ditentukan jangan lupa membawa KTP dan surat C6. Surat C6 sendiri adalah pemberitahuan bahwa calon pemilih sudah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), tapi tanpa C6 pun hak suara anda tetap bisa dipakai, yang lebih penting adalah kartu identitas (KTP).

Jangan lupa isi daftar hadir sesampainya di TPS, lalu tunggu giliran.

Periksa Kertas Suara Terlebih Dahulu

Pastikan Hak Suaramu Terpakai! Inilah Tata cara Pencoblosan Pemilu 2019 19
Sumber Gambar: Net

Anda akan menerima 5 surat suara ketika dipanggil. Cek kertas suara itu tidak rusak sebelum anda masuk ke dalam bilik. Pastikan kertas suara dalam kondisi baik, tidak bolong, sobek ataupun rusak.

Kelima surat suara yang anda diterima antara lain;

1) Surat suara warna abu-abu untuk pemilihan presiden,

2) Surat suara warna kuning untuk anggota DPR,

Baca Juga:   Prabowo Tunjuk Lima Jubir Khusus Partai Gerindra

3) Surat suara warna biru untuk pemilihan legislatif DPRD,

4) Surat suara warna hijau untuk pemilihan legislatif kabupaten atau kota,

5) Surat suara untuk pemilihan legislatif DPD.

Coblos Surat Suara

Ada Ketentuan mencoblos kelima surat suara yang telah diatur dalam UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Ketentuan ini ditujukan agar ada kesepakatan sah atau tidaknya surat suara.

Surat suara pilpres: coblos satu kali pada nomor/nama/foto pasangan calon/tanda gambar partai politik pengusung.

Surat suara DPR: coblos satu kali pada nomor/tanda gambar partai politik, dan/atau nama calon anggota DPT.

Surat suara Pileg DPRD Provinsi: coblos satu kali pada nomor atau tanda gambar partai politik, dan/atau nama calon anggota DPRD Provinsi.

Surat suara Pileg Kabupaten atau Kota: coblos satu kali pada nomor atau tanda gambar partai politik, dan/atau nama calon anggota DPRD Kabupaten atau Kota.

Surat suara Pileg DPD: coblos satu kali pada nomor, nama, atau foto calon anggota DPD. Pada surat suara caleg DPD terdapat foto calon, tidak hanya daftar nama seperti caleg DPR/DPRD.

Pastikan Hak Suaramu Terpakai! Inilah Tata cara Pencoblosan Pemilu 2019 20
Bosscha: Tatacara Pencoblosan Pemilu 2019

Sebelum meninggalkan bilik suara, lipat kembali surat suara sesuai petunjuk lalu masukkan ke dalam kotak yang telah disediakan. Celupkan salah satu jari ke tinta di meja panitia sebagai bukti bahwa kamu telah memakai hak suara pada pemilu 2019.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password