Harus Baca! Tips Menggunakan Sosial Media yang Cerdas

menjadi pengguna sosial media yang cerdas
Bosscha: 7 Tips Cerdas Menggunakan Sosial Media

Bosscha.id – Sosial media sejatinya sangat berguna untuk hal yang positif seperti menjalin tali silaturahmi dan sebagainya. Bagaimana manfaat sosial media sebenarnya tergantung bagaimana individu-individu itu sendiri. Tips Menggunakan Sosial Media yang Cerdas ini harus dibaca, mengingat banyak kasus yang terjadi berawal dari kesalahan pengguna sosial media baik dalam melempar wacana/curhatan maupun dari bagaimana pengguna merespon pengguna lainnya.

Yang patut menjadi perhatian adalah bagaimana efek dari penggunaan sosial media tersebut oleh individu-individu seringkali sudah melenceng jauh dari manfaat sosial media itu sendiri. Baru-baru ini kita dikagetkan dengan kasus pengeroyokan yang menimpa Audrey (14) siswi SMP yang dikeroyok dan dilecehkan oleh 12 siswi lainnya. Dugaan sementara salah satunya dipicu saling balas komentar di sosial media.

Lepas benar atau tidak benarnya dugaan pemicu pengeroyokan, kita bisa berkaca bahwa sosial media sudah cukup menimbulkan banyak masalah ditangan pengguna yang tidak cerdas menyikapinya.

Tentu hal ini menuntut kebijaksanaan masing-masing individu dalam menggunakan sosial media. Di bawah ini ada beberapa tips untuk Anda agar dapat mewujudkan hal tersebut:

Filter Pertemanan Karena Anda Berhak Untuk itu

Hampir semua platform social media memuat fitur yang memungkinkan penggunanya untuk memilih teman ( add friend, follow, unfollow, dll ) bukan tanpa sebab, agar pengguna bisa dengan sadar memilih jaringannya. Hal ini dimaksudkan untuk tidak asal menambahkan atau menerima pertemanan yang kemungkinan membawa efek negatif bagi sikap Anda dalam menggunakan media sosial. Selain itu secara tidak langsung kita bisa memproteksi lingkaran pertemanan kita dari hal-hal yang mencurigakan, postingan yang menghasut, penipuan dan tindakan yang bisa berujung kriminal lainnya.

Pasang Identitas Asli, Tapi Jaga Privacy Pribadi

Selain sebagai syarat pasang akun, identitas asli juga diperlukan agar orang dilingkaran pertemanan kita tahu siapa kita dan membantu Anda tetap berada pada fungsi utama sosial media untuk menjalin tali silahturahmi dengan banyak sahabat, juga mempermudah orang lain menemukan anda. Namun jangan lupa menjaga privacy itu sangat-sangat penting. Karena tidak semua hal harus kita bagi di sosial media.

Jangan Cantumkan Nomor kontak Pribadi

Untuk menghindari segala hal yang mungkin akan dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, akan sangat bijaksana bila Anda tidak membagikan informasi pribadi Anda pada akun media sosial milik Anda. Mengingat sering sekali terjadi kasus penipuan dan kasus kriminal lainnya melalui nomor kontak yang tertera. Kecuali jika memang Anda memanfaatkan akun Anda untuk keperluan usaha dan berbisnis Anda dapat menyediakan satu nomor khusus yang bukan nomor pribadi Anda sendiri.

Baca Juga:   5 Trik Bakar Kalori Hanya Dengan Berjalan Kaki

Foto Profil Sewajarnya

Uniknya sosial media adalah adanya foto profil merupakan kesan pertama yang dilihat orang lain di sosial media, selain memudahkan orang lain atau sahabat Anda untuk menemukan Anda. Sebijak mungkin foto profil tidak mengundang kesan negatif terhadap Anda.

Status mu Harimau mu

Sebelum semuanya ditulis, bijaklah dulu menyikapi masalah, menyerap informasi, mengkroscek sumber informasi, menjaga tata bahasa agar tidak mis-persepsi dari pembaca status. Banyak sekali hal-hal bermanfaat yang dapat dijadikan status atau mungkin hanya sekedar berkomunikasi dengan sahabat. Dan penting untuk tidak terpancing status orang lain.

Tips Menggunakan Sosial Media yang Cerdas: Jauhi Perdebatan

Bukan hal yang aneh apabila terjadi debat komen, saling serang status dan lain sebagainya. Agar tidak menjadi bola salju dan mengundang orang lain untuk ikut perdebatan, sebaiknya apabila ada hal yang kurang disepakati diselesaikan di personal chat atau hindari dengan tidak berkomentar abaikan saja.

Proteksi Akun Anda

Kalau suatu waktu tiba-tiba ada teman anda yang bersikap aneh, membagikan file-file atau video yang kurang pantas, padahal orangnya bukan tipikal seperti itu. Maka bisa dipastikan akun teman anda sedang diretas oleh orang tidak bertanggung jawab. Nah, pastikan akun Anda terproteksi dengan baik dengan kata sandi yang hanya Anda yang mengetahui untuk menghindarkan anda terkena kasus serupa, atau dapat juga Anda tambahkan lapisan keamanan lain agar Anda bisa nyaman dan aman menggunakan media sosial.

Tips Menggunakan Sosial Media yang Cerdas
Bosscha: Infografis Bagaimana Sosial Media di Sikapi

Semua Tips Menggunakan Sosial Media yang Cerdas ini akan sia-sia apabila anda belum berpikir jernih sebelum mengaktifkan akun sosial media anda. Ingat sebelum menjadi netizen (warganet) kita harus menjadi citizen (masyarakat) maka selayaknya bermasyarakat, gunakan norma-norma yang ada dimasyarakat sebagai filter bersikap di sosial media.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password