Kamu Pria Gondrong? Simak Cara Perawatan untuk Rambut Gondrong

Kamu Pria Gondrong? Simak Cara Perawatan untuk Rambut Gondrong

Bosscha.id – Tidak hanya perempuan yang ingin memiliki rambut panjang dan bagus. Umumnya  saat ini kaum pria pun mengidamkannya. Pasalnya, berambut panjang memang bisa membuat para pria merasa berpenampilan maskulin dan jantan. Namun harus diketahui, merawat rambut panjang akan sedikit menambah pekerjaan ketika dirumah bagi para pria berambut panjang. 

Sebelum memutuskan untuk memiliki rambut gondrong, kamu harus mengetahui terlebih dahulu cara-cara merawat rambut panjang agar rambut panjangmu tidak mengganggu penampilanmu dan tidak sia-sia. 

Lakukan Keramas yang Benar

Hal yang paling penting adalah keramas secara rutin dengan cara yang benar. Kebersihan rambut manjadi salah satu perawatan rambut agar rambut tetap sehat. Lakukan keramas setiap hari jika memiliki rambut dengan jenis berminyak dan dua hari sekali jika jenis rambutnya kering. 

Ternyata ada cara untuk keramas yang benar, tidak hanya sekedar membilas, tetapi gunakan air hangat untuk membasahkan rambutmu. Ini bertujuan agar pori-pori pada kepalamu terbuka dan siap ketika diberikan shampo yang akan digunakan. Gunakan shampo sesuai kebutuhan kulit kepalamu. Kemudian pijatlah kepalamu beberapa menit agar vitamin yang terkandung dalam shampo menyerap dengan sempurna. Kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih. 

Kamu Pria Gondrong?  Simak Cara Perawatan untuk Rambut Gondrong 19
Pria gondrong berfoto bersama

Gunakan Sisir dan Peralatan yang Tepat

Ketika mengeringkan rambut, hindari menggosok secara berlebih ketika menggunakan handuk.  Menggosok rambut menggunakan handuk terlalu keras selainmerusak rambut juga berpotensi rambut menjadi bercabang. Sebaiknya lakukan secara perlahan untuk menghilangkan air yang ada pada rambut dengan menggoyang-goyangkannya. Jangan terlalu sering menggunakan hairdryer karena itu juga menjadi penyebab rusaknya rambut. 

Gunakan peralatan yang tepat. Sisir rambutmu menggunakan sisi bergigi lebar dan sikat berkualitas. Kemudian ketika akan mengikat rambutmu gunakan gelang yang berlapis kain agar tidak merusak kulit kepala. 

Baca Juga:   Sejarah 21 Agustus : Lahirnya Institusi Polri

Rawat Rambut dengan Vitamin

Selanjutnya beri nutrisi yang tepat, selain diberikan vitamin rambut dan conditioner hal lain yang akan berpengaruh pada kesehatan adalah makanan an minuman yang dikonsumsi setiap hari. Seperti mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 zinc, dan vitamin B merupakan nurtisi yang bagus untuk kesehatan rambut.  Batasi penggunkaan bahan kimia seperti rutininas pewarnaan rambut akan membuat rambutmu kering, rusak dan bercabang. 

infografis Cara Perawatan untuk Rambut Gondrong
infografis: Cara Perawatan untuk Rambut Gondrong

Bagi kamu yang mempunyai rambut ikal, perawatan rambutmu bisa menggunakan minyak zaitun agar membuat rambut tetap lembab. Gunakan minyak zaitun sebelum tidur dengan mengoleskannya sebagai masker rambut atau gunakan satu atau setengah jam sebelum keramas. 

Tak Perlu Kencang Ikat Rambut

Selain itu, jangan terlalu kencang ketika mengikat rambut. Hal ini bisa menyebabkan traction alopecial atau rambut rontok karena kerusakan dari akar rambut. Selain rontok, mengikat rambut terlalu kencang akan membuat kepala terasa sakit hingga membuat pusing.  

Kemudian tips terakhir, potong ujung rambut secara teratur. Hal ini guna menghilangkan rambut bercabang. Meskipun menggunakan conditioner tetapi rambut panjang selalu bercabang. Potong sekitar satu sampai dua centimeter saja setiap selama satu atau bulan.

Source: Hellosehat.com.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password