Di Era Aa Umbara, Gelombang Investasi ke Bandung Barat Terus Meningkat

Bosscha: Gelombang Investasi KBB

Bosscha.id – Gelombang investasi ke Kabupaten Bandung Barat saat ini kian berkembang. Beberapa, sektor mulai dari pariwisata, perdagangan dan pertanian saat ini menjadi magnet bagi para investor untuk berinvestasi.

Kepala Bidang Perencanaan Pengembangan Iklim dan Promisi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) KBB Dadang Dahyar mengatakan, meningkatknya iklim investasi ke KBB tidak terlepas dari masifnya rencana pembangunan-pembangunan baru di sejumlah wilayah.

“Sekarang investasi sudah terlihat menggeliat. Ini karena adanya wacana pembangunan seperti proyek Cabble Car, rencana Kereta Api Cepat, dan pembangunan wisata baru. Dan itu salah satu pertimbangan yang menjadi daya tarik bagi para investor,” kata Dadang, Selasa (9/4/2019).

Peletakan Batu Pertama IKEA di KBB
Bosscha: Peletakan Batu Pertama IKEA

Dadang juga mengatakan, sinyal positif juga terlihat ketika salah satu paritel terbesar asal Swedia yakni IKEA memberikan investasi sebesar Rp 1,4 trilun di Jawa Barat, dan masuk wilayah KBB. Bahkan menurutnya, dengan investasi tersebut diprediksi bisa mendongkrak sektor ekonomi di Bandung Barat.

Peninjauan oleh Bupati KBB ke Baranangsiang
Bosscha: Peninjauan oleh Bupati KBB ke Baranangsiang

“Itulah kenapa KBB menjadi bagian daerah strategis di Jawa Barat. Adanya IKEA, otomatis iklim investasi pun meningkat, karena diprediksi itu akan ada ribun orang datang ke Bandung Barat,” ungkapnya.

Sport Center Terbesar Dibangun di KBB
Bosscha: Ilustrasi Sport Center KBB

Meski demikian, Dadang mengatakan saat ini pihaknya akan terus mempromosikan potensi-potensi sejumlah sektor unggulan di KBB.Termasuk kata dia, promosi dilakukan mulai dari regional hingga non regional.

Baca Juga:   Di Era Covid-19 KBB Wacanakan Bangun Perpustakaan Digital

“Menurut saya, untuk KBB, sebetulnya tidak dipromosikan juga itu pasti investor datang. Meski begitu, pameran-pameran tetap harus rutin diadakan,” katanya.

Pemkab Bandung Barat beberapa tahun ini memang terus membidik para investor agar berinvenstasi di sektor tersebut. Pasalnya, pertumbuhan investasi di KBB diharapkan bisa tumbuh dengan baik mengingat banyak beberapa sektor sangat potensial untuk dikembangkan.

Infografis Gelombang Investasi KBB
Bosscha: Infografis Gelombang Investasi KBB

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna menjamin, bagi investor yang akan menanamkan investasi di Bandung Barat tidak akan dipersulit persoalan izin. Sebab, dirinya ingin ke depan para investor bisa lebih banyak menanamkan investasi di Bandung Barat sehingga dapat mendongkrak bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Persoalan izin tidak akan dipersulit. Kami ingin mendatangkan para investor baik dari dalam negeri maupun luar negeri untuk investasi di Bandung Barat. Asalkan proses izinnya tetap ditempuh,” ungkapnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password