Yuk Simak, 7 Tips Musim Hujan Lengkap dan Sederhana

7 Tips musim hujan lengkap dan sederhana
bosscha.id/infografis

Bosscha.id – Hujan di beberapa daerah sedang ramai-ramainya turun ke bumi. Sudah saatnya membaca tips musim hujan yang lengkap namun sederhana dan mudah dilakukan.

Mulai dari menjaga kondisi tubuh hingga hal yang harus diperhatikan seputar berkendara yang tak bisa dianggap sepele. Berikut Cara mengadapi berbagai persoalan di musim hujan ini.


Tips musim hujan agar tubuh tetap sehat

Pastikan setiap makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh, benar-benar bergizi dan juga sehat.

Konsumsi makanan dan minuman yang sehat dan hangat

Makanan yang sehat disaat musim hujan harus mengandung banyak serat dan vitamin C yang cukup untuk tubuh. Apalagi disajikan dengan hangat. Selain mencukupi kebutuhan harian yang diperlukan oleh tubuh, juga bisa mencegah timbulnya masuk angin dan flu.

Minumlah air putih hangat secara teratur karena meski dalam kondisi hujan, dehidrasi bisa saja terjadi. Jika ada konsumsilah minuman herbal seperti teh yang bisa dicampur dengan madu. Madu dan teh memiliki kandungan antioksidan dan banyak kandungan lainnya yang bermanfaat bagi tubuh.

Memakai pakaian hangat dan tebal

Jangan samakan musim hujan dengan musim panas, dimana kamu bisa bebas memakai pakaian tipis saat panas.

Gunakanlah jaket atau sweater setiap saat meski tidak sedang hujan. Karena cuaca musim penghujan terasa dingin dan kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan

Mandi yang baik dan benar memang bisa menjaga kesehatan tubuh. Efek kimia yang dihasilkan dan efek psikologis dari mandi bisa membuat tubuh sehat dan segar.

Di musim penghujan, kondisi lingkungan diluar ruangan akan menjadi lembab setiap saat dan sudah pasti akan ada genangan air. Hal ini bisa mengundang berbagai penyakit, salah satunya demam berdarah.

Entah itu dirumah, di kantor atau dimanapun, selalu bersihkan lingkungan sekitar dari tumpukan sampah. Jika ditemui genangan air, segeralah kuras. Tutup tempat-tempat penampungan air agar tidak dijadikan sarang nyamuk.

kasus dbd dan hubungan nya dengan mandi
Infografis: Kasus DBD Jabar dan Alasan kenapa harus tetap mandi saat musim hujan

Tips musim hujan saat berkendara

Jangan sepelekan hal ini terutama jika kondisi di jalanan sedang turun hujan apalagi disertai angin kencang.

Periksa kelayakan kendaraan sebelum dipakai

Kondisi jalan saat musim hujan menjadi licin dan basah, belum lagi ada genangan air. Oleh karena itu, periksa kembali kendaraan kamu. Mulai dari rem, ban apakah sudah gundul dan licin atau tidak.

Jangan lupa juga cek lampu, karena ketika hujan saat berkendara jarak pandang serta kejelasan penglihatan bisa menurun. Itulah sebabnya lampu kendaraan sebaiknya dinyalakan pada siang hari saat hujan datang.

Menyalakan lampu kendaraan saat hujan selain bisa membantu dalam berkendara, juga bisa membantu pengendara lain yang berada di jalur sebelahnya. Dengan begitu pengendara dari arah sebaliknya bisa mengetahui ada kamu disitu yang sedang berkendara. Cukup pakai lampu sorot jarak dekat saja ya.

Memakai jas hujan jika pakai motor

Jika kamu memakai sepeda motor, selalu pakai jas hujan saat hujan turun. Hal ini berfungsi untuk menjaga tubuh dari kedinginan dan basah. Gunakanlah jas hujan sesuai standar nasional yang ada lapisan scotlight nya. Lapisan ini akan menyala bila terkena sinar lampu maka keselamatan sewaktu berkendara saat hujan dan malam hari bisa lebih terjamin.

Awas jangan pakai payung, kan percuma nanti terbang. Sedangkan payung itu cocoknya buat yang sedang berjalan kaki disaat kehujanan. Jika memang hujan yang turun itu tidak deras dan jarak perjalanan yang pendek saat berjalan kaki maka gunakanlah payung.

Menepi dan berhenti jika hujan sangat deras

Jangan paksakan berkendara jika memang saat itu terjadi hujan deras apalagi disertai angin kencang. Segeralah menepi dan berhenti di tempat yang aman. Hindari berhenti di bawah pohon atau dekat dengan papan reklame.

Sudah banyak kasus yang tertimpa pohon dan papan reklame ketika hujan deras berangin kencang melanda. Untuk itu, carilah lokasi aman dengan segera, salah satunya bisa berhenti di minimarket.

7 Tips menghadapi musim hujan lengkap dan sederhana
Infografis: Cara menghadapi musim hujan

Tips berharga saat terjebak hujan

Ini adalah rangkaian yang terakhir tips musim hujan. Kalian pasti pernah kan mengalaminya? apalagi ketika jam bubar kerja atau jam bubar sekolah tiba.

Mengatasi jebakan hujan ala vokalis Larger Than Disco

Banyak hal yang biasa dilakukan dalam kondisi ini, seperti yang dilakukan oleh vokalis band indie asal Kota Bandung yakni Feri Firmansyah. Dirinya biasa melakukan jogging di tempat atau senam lantai. Menurutnya, dengan berolahraga di saat hujan datang ketika jam pulang kantor sudah tiba, sangat bagus untuk kesehatan dan kebugaran.

Dia juga mengatakan bahwa menunggu itu bosan, apalagi kalau tidak ada artinya. Lebih baik lakukanlah sesuatu yang positif.

“Mau apalagi coba, hujannya kan gede dan lama, trus lagi pasti macet, mending tunggu aja sampe reda. Tapi jangan asal nunggu, bosan dan ga ada artinya. Kalo saya ya senam, kan sehat. Kadang baca semua konten webnya bosscha.id,” kata Fey panggilan akrabnya.

Kalo Kamu, apa yang dilakukan disaat terjebak hujan?

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password