Reshuffle Pejabat di Bandung Barat Tinggal Menunggu Waktu

Reshuffle Pejabat di Bandung Barat Tinggal Menunggu Waktu
Bosscha.id

Bosscha.id- Dalam waktu dekat ini, perombakan besar-besaran Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Bandung Barat akan segera dilakukan. Perombakan mulai dari rotasi, mutasi hingga promosi jabatan eselon IIB, atau kepala dinas, rotasi eselon III seperti sekdis, kabag/kabid dan eselon IV setingkat kasi dan kasubag.

Berdasarakan informasi yang dihimpun Bosscha.id, rotasi dan mutasi akan dilakukan setelah perhelatan Pilpres selsasi.

“Jika melihat waktu, yang pasti April ini tidak mungkin. Kewenangannya ada di pak bupati soal waktunya. Kebetulan beliau sekarang lagi sibuk menyapa warga di berbagai daerah. Nanti saja kalau sudah santai,” kata Sekretaris Daerah KBB Asep Sodikin di Ngamprah, Senin (8/4/2019),

Seperti diketahui, beberapa SKPD masih dijabat oleh pejabat pelaksana (Plt). Mulai dari Plt Kadisperindag yang dijabat Maman Sulaeman. Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) dijabat Asep Wahyu FS. Plt Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) dijabat Agustina Piryanti yang juga menjabat Asda III. Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dijabat Agus Maolana dan Plt Sekretariat DPRD (Sekwan) dijabat Roni Rudyana.

Bosscha: Reshufle Pejabat KBB
Bosscha: Reshufle Pejabat KBB

“Poin utamanya, kita lakukan konsultasi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk meminta izin penetapan jabatan Plt. Artinya, nanti kelihatan mana saja kepala dinas yang kosong untuk dilakukan openbidding. Pokoknya lihat saja nanti karena ini kan masih berproses,” kata Asep.

Rotasi dan mutasi jabatan di lingkungan Pemkab Bandung Barat sendiri akan melibatkan Tim Penilai Kinerja (TPK) ASN sebagai pengganti Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) sesuai dengan Undang-Undang 32/2013 tentang pemerintah daerah dan UU 30/2014 tentang Administrasi serta PP 11/2017.

Baca Juga:   Nasib Pasar Tagog Padalarang di Bandung Barat Semakin Menggantung

Menurut Asep, TPK sudah melakukan rapat koordinasi sebagai langkah awal pemetaan jabatan di lingkungan Pemkab Bandung Barat beberapa waktu lalu. Ia pun memastikan tim akan bekerja objektif dalam melakukan penilaian.

“Termasuk penempatan jabatan eselon III dan IV sesuai hasil assessment. Jadi tidak subjektif dalam penempatan jabatan. Kita ikuti aturan saja, makanya ditempuh dengan konsultasi ke KASN,” terangnya.


Sekda KBB Asep Sodikin

Sementara itu, Ketua DPRD KBB Ida Widanigsih mengatakan, dalam pengisian jabatan tersebut, diharapkan eksekutif bisa mengembalikan potensi ASN sesuai kompetensi masing-masing. Tujuannya agar ASN bekerja secara maksimal dan memberikan kontribusi lebih untuk KBB.

“Pemerintahan yang sudah berjalan saat ini bukan berarti tidak baik, hanya saja jika didukung oleh orang-orang dengan sesuai dengan kemampuannya, sehingga kinerja akan lebih baik dan lebih memahani di dalam sistem pemerintahan saat ini,” ungkapnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password