Jelang Pemilu 2019, Lindungi Hak Politik Penyandang Disabiltas

Lindungi Hak Politik Penyandang Disabiltas
net

Bosscha.id- Menjelang pemilihan Presiden dan pemilihan Legislatif 2019, kaum difabel di Kabupaten Bandung Barat yang memiliki hak suara terus didata.Hal itu dilakukan agar hak pilih mereka bisa digunakan dalam penyelengaraan pesta demokrasi tersebut.

“Kita terus lakukan verifikasi.Data juga sudah disampaikan ke KPU. Sekarang kita tinggal menunggu informasi saja dari KPU,” kata Kepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial pada Dinas Sosial KBB Sumarman di Ngamprah, Senin (8/4/2019)

Saat ini, jumlah penyandang disabilitas di Kabupaten Bandung Barat yang tercatat di Dinas Sosial setempat mencapai 5.758 orang. Mereka terdiri atas berbagai usia dan disabilitas yang berbeda-beda, seperti disabilitas fisik, sensorik, dan mental.

“Terkait hak pilih mereka, beberapa orang sudah ada yang direkomendasikan dari Rumah Sakit Jiwa. Namum, terkait izin hak pilih tetap ada masing-masing keluarga,” kata Sumarman.

Sementara agar para penyandang disabiltas bisa mendaptkan hak politiknya dalag pemilu, KPU juga memfasilitasi di antaranya dengan menyiapkan surat suara khusus untuk tunanetra, menyiapkan lokasi tempat pemungutan suara yang ramah disabilitas, serta menyiapkan alat bantu lainnya.

Baca Juga:   Sejarah 21 Agustus : Lahirnya Institusi Polri
Infografis lindungi Hak Politik Penyandang Disabiltas
Infografis: Data Penyandang Disabiltas Kabupaten Bandung Barat

Adapun Wakil Ketua DPRD KBB Samsul Maarif sebelumnya meminta KPU daerah untuk menjamin hak politik penyandang disabilitas dalam pesta demokrasi di Kabupaten Bandung Barat. Terlebih menurutnya, adanya anggaran cukup besar yang dimiliki KPU, sebagai penyelangara pemilu KPU sangat mudah untuk memenuhi hak politik bagi para penyandang disabilitas di Kabupaten Bandung Barat.

“Saya kira sejauh ini teman-teman di KPU ini sangat respon, care dalam pemunuhan hak-hak kaum disabiltas. Namun aplikasi di lapangan, kita butuh bukti konkrit nyata juga,” kata Samsul.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password