Jelajahi KBB, Menikmati Pemandian Alam di Kaki Gunung Burangrang

Jelajahi KBB, Menikmati Pemandian Alam di Kaki Gunung Burangrang

Bosscha.id – Selama akhir pekan, kalian berlibur ke mana aja nih? Kalau ada kesempatan dan budget tentunya, perbanyak piknik yuk biar kamu semakin membuka wawasan terhadap sekelilingmu. Dan tidak usah jauh-jauh nih untuk warga Bandung Raya, saatnya kalian mulai mencoba destinasi baru untuk berlibur. Mengunjungi sungai bisa jadi pilihan di Kaki Gunung Burangrang.

Bila orang-orang kota berenang di kolam yang airnya berwarna biru untuk merasakan khasiatnya, orang-orang yang berada di Kampung Ciparang, Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat ini melakukannya semata-mata untuk mendapatkan kesegaran. Sangat segar dan jernih.

Mata Air Cisaladah atau sering juga disebut Talaga Cisaladah merupakan telaga yang bersumber dari aliran air Gunung Burangrang sebelah selatan. Kolam kecil mata air Talaga Cisaladah berwarna biru kehijauan. Airnya yang sangat jernih, sementara daun dan ranting yang jatuh dari pepohonan di sekitar menghiasi permukaannya.

Sejarah Talaga Cisaladah, awalnya seorang tokoh masyarakat setempat bernama Haji Rokandi lah yang menginisiasi pembangunan bendungan pada 1986. Tujuannya, untuk menampung dan mengelola air bersih.

Menurut Herman (43) pengelola Talaga Cisaladah, nama Talaga Cisaladah sendiri memiliki makna danau atau kolam di pegunungan yang berada di aliran sungai yang di sekitarnya tumbuh daun selada. “Dulu memang banyak selada di sekitar sini,” kata Herman seperti dikutip beritagar.id.

menyelam di talaga cisaladah
Jelajahi KBB, Menikmati Pemandian Alam di Kaki Gunung Burangrang. Sumber Foto : Net

Meski belum bisa dibilang sempurna secara keseluruhan, namun fasilitas di objek wisata ini sudah tersedia seperti tempat parkir roda dua, saung untuk istirahat, toilet, dan tempat ganti pakaian. Pengunjung juga dapat menemukan warung penjaja makanan dan minuman.

Ada dua jalur menuju lokasi. Pertama, jika dari arah Cikalong Wetan atau Padalarang mengambil jalur ke Cisomang. Lalu melanjutkan ke arah Tengek menuju Ganjarsari hingga Cireundeu. Dari situ, sudah dekat ke Cisaladah.

lokasi kaki gunung burangrang mata air cisaladah
Sumber Foto : Google Maps

Atau jika dari Bandung bisa masuk lewat Jalan Sersan Bajuri menuju Parongpong. Kemudian ke Barukayi, Pasirlangu hingga ke Pangheotan. Lewat Lembang Dano ke arah Jalan Lapangan, sebelum masuk Bukit Senyum ambil belokan ke Jalan Cangkore menuju Cisaladah.

bersantai di talaga cisaladah
Sumber Foto : Net

Pengelola mengakui bila akses kerap menjadi kendala wisatawan yang akan berkunjung. Terutama ketika musim hujan tiba, jalanan bebatuan menjadi sangat licin, walau air telaga tidak pernah keruh.“Sungguh disayangkan karena tidak sedikit yang saya tanya, kebanyakan ingin kembali lagi kesini, tapi kapok karena akses jalannya susah. Dan semoga ini menjadi perhatian pemerintah guna mengembangkan objek wisata air di kawasan Kabupaten Bandung Barat,” tambah Herman.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password