Jangan Asal Berwisata, Kalau Anda Belum Beretika

Jangan Asal Berwisata, Kalau Anda Belum Beretika
Bosscha: 5 Hal Agar Menjadi Wisatawan Keren

Bosscha.id – Wisata alam masih menjadi daya tarik utama di Indonesia, terutama di kawasan Kabupaten Bandung Barat yang sebagian besar pariwisatanya adalah wisata alam baik itu pegunungan, bukit, air terjun, sungai dan tebing.

Wisata alam diminati turis domestik umumnya warga kota, tidak bisa dipungkiri kalau Kabupaten Bandung Barat mendapatkan banyak pengunjung dari ibukota yang ingin melepas penat dan bersantai menikmati suasana alam. Namun seringkali kita kurang sadar bahwa berwisata bukan berarti melupakan tanggung jawab kita untuk menghormati alam itu sendiri.

Berikut adalah beberapa hal sederhana menghormati alam untuk para wisatawan.

Usahakan Mengurangi Perbekalan yang akan meninggalkan sampah.

jangan asal berwisata bikin tumpukan sampah
Sumber Foto : Net

Hal yang paling sering menjadi fokus para wisatawan adalah perbekalan, dan untuk menghindari agar kita tidak menghasilkan sampah adalah dengan mengurangi bahkan tidak membawa perbekalan makanan ringan yang berbungkus baik itu plastik, sterofoam, alumunium dan sebagainya. Caranya adalah dengan memindahkan terlebih dahulu makanan ringan/snack kedalam tempat makanan kita.

Jangan Asal Berwisata: Selalu Sedia Trash bag kemanapun tujuan Kita

sekarung sampah
Sumber Foto: Net

Seringkali kita buang sampah sembarangan dan beralasan kalau tempat wisatanya kurang menyediakan tempat sampah. Agar tidak membuang sampah sembarangan, maka sampah yang kita bawa sebaiknya kita bawa pulang kembali dan buang pada tempatnya.

Baca Juga:   Sejarah 16 Oktober: The Walt Disney Company Berdiri
infografis etika berwisata
Bosscha: Infografis Jadi Wisatawan Keren

Tidak Mengganggu Habitat Asli di tempat Wisata Alam.

hewan ditempat wisata
Sumber Foto: Net

Walau kita bayar tiket, bukan berarti kita bisa seenaknya ditempat wisata khususnya wisata alam. Contoh memindahkan batu , memetik tanaman juga memberi makan satwa liar. Cukup amati dan nikmati.

Jangan Ambil Resiko Selfie ditempat yang Berbahaya.

tidur selfie dipinggir jurang
Sumber Foto: Net

Tidak sedikit terjadi kasus kecelakaan gara-gara kita menganggap sepele papan peringatan yang ada di kawasan wisata alam. Seperti contoh papan peringatan dilarang memanjat dan mengambil gambar. Bukan tanpa sebab pihak pengelola memasang papan peringatan tersebut melainkan karena kondisi alamnya sudah diperhitungkan.

Jangan Asal Berwisata: Jaga Sikap Terhadap Warga Lokal.

rumah adat di tempat wisata

Warga sekitar kawasan wisata alam adalah warga yang sehari-hari hidup berdampingan dengan kondisi alam tersebut, menjaga sikap kita saat berliburan berarti menjaga juga keberlangsungan warga sekitar.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password