Longsor Terjang Cililin, Puluhan Rumah Rusak

Longsor Terjang Cililin, Puluhan Rumah Rusak

Bosscha.id – Bencana tanah longsor melanda sejumlah lokasi di Kabupaten Bandung Barat, setelah hujan deras mengguyur kawasan setempat Kamis (4/4/2109) malam. Tidak ada korban jiwa, tapi bencana yang terjadi di Desa Nanggerang, dan Desa Karyamukti, Kecamatan Cililin itu telah merusak puluhan rumah warga, merobohkan  jembatan dan membuat akses jalan penghubung desa terputus.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Bandung Barat, di Desa Nanggerang selain menyebabkan satu jembatan roboh, longsor juga menyebabkan 26 rumah rusak ringan dan 7 rumah mengalami rusak berat. Sementara, di Desa Karyamukti, setidaknya 50 rumah warga terdampak. 

 “Kejadiannya Kamis (4/4/2109) malam. Ini akibat intensitas hujan tinggi dan tanah yang labil,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD KBB Diky Maulana, Jumat (5/4/2019).

jembatan roboh akibat longsor
Sumber Foto : BPBD KBB

Diky mengatakan, saat ini tim lapangan BPBD telah melakukan assessment atau kaji cepat di lokasi bencana. Adapun menurutnya, untuk dampak kejadian yang terjadi di fasilitas umum berupa jalan sudah dilakukan pembersihan material longsoran dengan cara gotong royong bersama masyarakat.

Baca Juga:   Lelang Jabatan di KBB: Kursi Kepala DPPKBP3A Jadi Rebutan

“Kami juga berkoordinasi dengan pihak terkait untuk pembersihan material longsoran menggunakan alat berat (Excavator),” katanya.

jembatan roboh cililin
Sumber Foto: BPBD KBB

Diky menambahkan, dengan masih tingginya curah hujan, BPBD pun menghimbau warga untuk waspada terhadap potensi bencana longsor susulan.

“BPBD juga telah memasang rambu-rambu waspada terhadap bencana di lokasi karena khwatir terjadi potensi longsor susulan,” katanya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password