Aa Umbara Ingin Mengeliminasi Kasus TB di Bandung Barat

Aa Umbara Ingin Mengeliminasi Kasus TB di Bandung Barat 19
Bosscha.id

Bosscha.id – Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna ingin menjadikan KBB menjadi daerah yang bebas dari tuberkolosis (TB). Hal tersebut disampaikan Aa Umbara usai menghadiri peringatan hari tuberkolosis se-dunia, di Komplek Pemkab Bandung Barat, Ngamprah, Jumat (5/4/2019).

Aa Umbara menyebut, penderita TB di Indonesia tinggi. Indonesia, kata dia, menempati posisi 3 dunia sebagai negara dengan kasus TB.

“Oleh karena itu, pemerintah daerah juga ingin berperan dalam menekan angka penderita TB,” ujarnya.

Umbara juga mengatakan, untuk mengeliminasi kasus TB di Bandung Barat  saat ini dibutuhkan penanganan secara serius. Sehingga, masyarakat harus aktif dengan cara mengetahui penularan penyakit TB.

“Sosialiasi dan edukasi ke masyarakat sekarang pun terus dilakukan. Tapi yang terpenting tetap masyarakat harus menjaga kebersihan,” katanya.

Aa umbara ingin eliminasi kasus TB

Seperti diketahui, TB merupakan penyakit menular yang umum, dan dalam banyak kasus bersifat mematikan. TB menyebar melalui udara ketika seseorang dengan infeksi TB aktif batuk, bersin, atau menyebarkan butiran ludah mereka melalui udara. Sekain itu, TBC juga menempati posisi ke-3 setelah penyakit jantung dan penyakit pernapasan akut di semua kalangan usia.

Baca Juga:   Di Bandung Barat Masih Ada Perusahaan Belum Penuhi UMK?

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat, pada 2018 ditemukan sebanyak 1.746 TB dengan kategori kasus TB sensitif. Adapun secara kumulatif dari tahun 2015 sampai 2019, jumlah TB resisten mencapai 102.

“Tiga kecamatan seperti Lembang, Batujajar, Cililin dan Padalarang menjadi daerah yang paling tinggi ditemukan kasus TB ini,” kata Sriwulan Yuniati, Pengelola Program TB pada Dinkes KBB.

Sriwulan menambahkan, untuk mencegah kasus TB di KBB, selama ini pihaknya terus melakukan sosialiasi mulai ke pesantren, sekolah hingga menggalakan program ketuk pintu ke masyarakat.

“Ini kegiatan rutin kami sebagai upaya memberantas kasus TB,” ucapnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password