Jangan Nekat Merokok Sambil Berkendara

bosscha-bahaya merokok sambil berkendara

Bosscha.id-Benarkah merokok sambil berkendara akan dikenai denda Rp. 750.000 atau penjara 3 bulan?. Secara resmi Kementrian Perhubungan mengeluarkan larangan berkendara sambil merokok. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 12 Tahun 2019.

Pelarangan tersebut diatur secara spesifik pada Pasal 6 huruf C yang berbunyi, “Pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktifitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai sepeda motor”

Sebagai informasi, berdasarkan aturan denda bagi pengendara yang merokok ada di pasal 283 Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Isinya bagi yang tertangkap ketika melanggar akan dikenakan sanksi berupa denda sebesar Rp750.000.

Bagi yang nekat melanggar, maka siap-siaplah didenda Rp 750 ribu. Selain perihal denda sebenarnya yang paling berbahaya adalah dampak dari aktivitas merokok sambil berkendaralah yang harus dicegah.

Terkait hal ini, Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, secara safety riding merokok sambil berkendara sangat berbahaya.

bosscha-bahaya merokok sambil berkendara
bosscha-Bahayanya Berkendara Sambil Merokok

Sony menjelaskan, ketika motor sedang melaju, pengendara bertugas mengontrol dan menyeimbangkan motornya dengan dua tangan. Ketika merokok pasti kontrol terhadap sepeda motor akan berkurang. Disamping itu juga bisa membahayakan pengendara lain karena abu rokok bisa saja mengenai mata pengendara lain.

Baca Juga:   KPK Tangkap Bupati Indramayu dalam OTT

Dan disarankan selain membaca tentang dendanya masyarakat disarankan juga perlu membaca isi UU No 22 Tahun 2009, karena disana juga dijelaskan bagaimana tata cara berlalu lintas yang benar. Salah satu pasal 106 ayat 1 yang berisi imbauan dan kewajiban, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan, wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password