Dari Rp 108 Miliar Anggaran Infrastruktur Jalan, 40 Persen Difokuskan di Selatan

Dari Rp 108 Miliar Anggaran Infrastruktur Jalan, 40 Persen Difokuskan di Selatan 19
KONDISI jalan rusak dan berlubang di Jalan Raya Cililin, Desa Karangtanjung Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Bosscha.id- Pemerintah Kabupaten Bandung Barat saat ini tengah fokus pada pembenahan dan pembangunan infrastruktur di wilayah selatan.  Bahkan, dari anggaran infrastruktur jalan yang mencapai Rp 180 miliar sebanyak 40 persen akan difokuskan di wilayah selatan.

“Infrastruktur wilayah selatan memang menjadi prioritas di tahun ini. Namun tetap pembangunan dan perbaikan tanpa meninggalkan di wilayah utara dan barat,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bandung Barat, Anugrah di Ngamprah, Selasa (2/4/2019).

Ia menyebutkan, pembangunan di wilayah selatan meliputi Kecamatan Batujajar, Cihampelas, Cililin, Sindangkerta, Cipongkor, Gununghalu hingga Rongga dengan panjang jalan mencapai 100 kilometer. 

Menurut Anugrah, pada  tahun ini pemerintah daerah juga mendapatkan DAK (Dana Alokasi Khusus) sebesar Rp 16 miliar.

jalan rusak di kbb
bosscha: Ilustrasi Jalan Rusak

“Dan sebanyak Rp 7 miliar merupakan pembangunan proyek di selatan,” ucapnya.

Anugrah juga mengatakan, selain pembangunan jalan, ruas jalan di selatan juga bakal diperlebar. Pihaknya saat ini sudah mengajukan bantuan ke gubernur sebanyak Rp 600 miliar yang masuk anggaran 2020 mendatang.

Baca Juga:   Armada Minim, Perusahaan di Bandung Barat Antre Minta Pelayanan Sampah

“Pengajuan ke gubernur sudah masuk untuk anggaran tahun depan. Ini khusus untuk pelebaran jalan di selatan dari mulai Batujajar hingga Rongga serta Saguling-Rongga, mudah-mudahan bisa terealisasi angkanya,” ungkapnya.

Meski demikian, Anugrah menyebutkan untuk wilayah selatan, sebagian ruas jalan sudah terbantu oleh adanya proyek PLTA Upper Cisokan. 

“Namun, kami juga tetap harus memperbaiki ruas jalan lainnya yang belum tercover,” katanya.

Lebih lanjut Anugrah menambahkan, pembangunan jalan tersebut ditargetkan bisa dimulai di awal Mei mendatang. Adapun kata dia, pada April proses lelang di ULP bisa selesai.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password