Pemindahan Pool Kendaraan Sampah di KBB Menunggu Kajian

Pemindahan Pool Kendaraan Sampah di KBB Menunggu Kajian
Bosscha.id/Anshar Mohamad

Bosscha.id – Pemerintah Kabupaten Bandung Barat rencananya akan memindahkan pool kendaraan sampah yang saat ini berada di kantor Unit Pelaksana Teknis Kebersihan, Jalan Gedong Lima, Padalarang. Pemindahan pool dilakukan agar pelayanan dan pengakutan sampah di sejumlah wilayah bisa maksimal.

Menurut Kepala Pelaksana UPT Kebersihan KBB Rudi Kuntandi, rencana pemindahan pool kendaraan sampah kini sedang dalam kajian.

“Dari tahun 2018 kajian untuk pengadaan tanah pool dan yang menyangkut biaya operasional itu sudah dilakukan. Terkait pemindahan dan pembangunan pool baru, kita tinggal menunggu saja proses selanjutnya,” kata Rudi di Ngamprah, Jumat (29/3/2019).

Menurt Rudi, kajian yang dilakukan untuk pengadaan tanah pool dilakukan oleh pihak ketiga. Ia menyebutkan ada dua lokasi yang masuk dalam kajian pembangunan yakni di wilayah Cikamuning Padalarang dan di wilayah selatan Cihampelas.

Namun demikian ia berharap dari hasil kajian bisa menempatkan pool yang dapat memudahkan akses pelayanan bagi masyarakat.

“Harapan saya itu bisa di Padalarang. Pertimbangannya akses sangat mudah jika di dibandingkan di wilayah selatan. Termasuk jika dilihat dari segi biaya, tempat ke pelayanan pengangkutan sampah mungkin itu bisa efesiensi,” ungkapnya.

Kepala Pelaksana UPT Kebersihan KBB Rudi Kuntandi.
Kepala Pelaksana UPT Kebersihan KBB Rudi Kuntandi.

Rudi juga mengungkapkan, selama ini pool di Jalan Gedong Lima, Padalarang masih menyewa. Ke depan, kata dia, untuk pool kendaraan sampah minimal ada 3. Sebab, beberapa wilayah seperti Padalarang, Lembang dan Cililin itu sudah seharusnya memiliki pool sendiri.

Baca Juga:   Seorang Pemulung Tewas Tertimbun Sampah di TPA Sarimukti

“Pool ini selain digunakan tempat parkir dan cuci mobil kendaraan, itu juga digunakan untuk kantor. Saat ini semua masih tersentral di Padalarang. Harapannya mungkin ke depan untuk tiga wilayah itu bisa memiliki pool,” ungkapnya.

Volume Sampah

Volume sampah di Kabupaten Bandung Barat per hari saat ini mencapai 600 ton. Namun, hanya 150 ton yang terangkut ke TPA. Hal ini disebabkan jumlah armada yang minim, tak sebanding dengan luas jangkauan pelayanan.

TPS Sampah di KBB

Selain itu, sampah di sejumlah daerah di Bandung Barat hingga kini pun masih banyak yang belum terlayani. Akibatnya, keberadaan sampah-sampah liar di KBB sulit diatasi.

“Jujur saja, sudah banyak yang waiting list dari warga yang meminta pelayanan.Tapi mau bagaimana lagi, untuk mobil saja itu sekarang masih kekurangan,” kata Kordinator UPT Wilayah Parongpong dan Cisarua, Tauhid Nuryonto.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password